Dunia mungkin sudah tak asing lagi dengan tongsis / tongkat narsis atau selfie stick. Perangkat yang memudahkan kita dalam mengambil foto ini memang sedang digandrungi. Ada beberapa fakta unik dari alat yang satu ini, cari tahu yuk.

1.Pada tahun 1983 Seorang fotografer asal Jepang, bernama Hiroshi Ueda telah membuat prototype yang mempunyai fungsi sama seperti tongsis sekarang. Ueda yang bekerja sebagai fotografer dan teknisi foto di perusahaan kamera, Minolta mengaku mendapatkan ide itu setelah mengalami kesulitan mengambil gambar dia dan istrinya dalam satu frame. Sayangnya, meski telah dipatenkan pada 1983, tongkat bernama ‘extender stick’ itu gagal menuai sukses. Kesalahan bukan pada desain tongkat melainkan karena teknologi kamera jaman itu tidak terlalu tinggi. Paten milik Ueda telah habis masanya pada 2003, bahkan ia tidak pernah mendapatkan keuntungan secuilpun dari paten itu.

2.Bukti lain menunjukkan jika tongkat selfie sejatinya telah ada sejak 1800. Direktur Jenderal The Royal Photographic Society, Michael Pritchard mengaku menemukan foto selfie yang diambil pada tahun 1840.

3.Pada tahun 1995 tongsis justru masuk dalam buku 101 Japan Un-Useless Invention pada tahun 1995! Pada penjabarannya, stik kamera ini berguna bagi orang yang suka jalan-jalan baik sendiri maupun berpasangan dan ingin mengabadikan momen secara mandiri. Bisa kita lihat, fungsi tongsis di buku ini tidak jauh beda dengan fenomena tongsis masa kini.
Hanya saja, saat itu kamera belum ada yang otomatis maupun digital. Kamera-kamera analog perlu mengambil fokus gambar terlebih dahulu, dan sistem timer saat itu tidaklah praktis. Ini menjadi salah satu penyebab bahwa tongsis dianggap useless, karena setidaknya saat itu tongsis ini masih dianggap ribet. Sehingga tongsis pun tercatat dalam buku 101 Japan Un-Useless Invention.

4.Tahun 2011, tongsis mulai muncul di Amerika Serikat. Hanya saja, saat itu penggunaan tongsis masih tidak populer dan dianggap konyol. Jika kamu rajin browsing, banyak meme dan guyonan menyindir tongsis ini. Biasanya tongsis saat itu dianggap sebagai “forever alone” selfie.

5.Jika kamu sering bepergian maka perlu mencatat tempat-tempat berikut karena pengelola melarang penggunaan tongsis disana!
– Museum Smithsonian di Amerika Serikat
– Istana Versailles di Prancis.
– Museum Museum Louvre dan Pompidou
– Museum Seni Metropolitan New York
– Museum Seni Modern New York
– Museum Hermitage, Belanda
– Museum of Modern Art, New York City, New York, AS
– National Portrait Gallery, Canberra, Australia
– Galeri Nasional London
– Art Gallery of Ontario, Kanada
– New York’s Cooper Hewitt di Amerika Serikat
– Smithsonian Design Museum di Washington, D.C., AS
– Seattle Art Museum, Seattle, Washington D.C., AS
– Boston’s Museum of Fine Arts di Amerika Serikat
– Metropolitan Museum of Art, New York City, New York, AS
– DC’s National Gallery of Art dan the Getty Center in Los Angeles
– Trafalgar Square, dan pusat kota London.
– Kejuaraan Tenis Wimbledon
– Wembley Arena London
– Gedung musik di London seperti O2, O2 arena, O2 Academy Brixton dan SSE Wembley Arena
– Festival Musik ZoukOut, Singapura
– Ultra Music Festival, Miami, Florida, AS
– Lake Tahoe di California, AS merupakan tempat melihat kehidupan beruang lebih dekat.  Mereka kini melarang traveler untuk selfie dengan para hewan, terutama beruang. Karena tingkah beruang tak bisa ditebak dan dengan tindakan selfie ini bisa dianggap mengusik hewan tersebut.
– Tempat tertentu di New York seperti kebun binatang.
– Festival Banteng di Spanyol yakni Pamplona Festival.
– Pantai La Garoupe, di Antibes, Prancis. Penggunaan tongis dilarang karena pengelola ingin agar pengunjung bisa fokus menikmati keindahan pantai bukannya menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk pamer kepada teman dan keluarga.
– Singapore Sports Hub

Beberapa museum menyatakan bahwa alasan pelarangan tersebut karena jumlah pengunjung yang makin padat dan untuk melindungi karya seni di dalam museum dan juga agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lain. Beberapa tempat juga melarang tongsis tetapi tetap memperbolehkan aksi self potrait atau selfie tanpa tongsis. Selain tongsis beberapa tempat juga melarang pengunjung menggunakan tripod.

6. Jika kamu ke Korea Selatan maka kamu harus menggunakan tongsis yang sudah bersertifikat. Dengan alasan tongsis dianggap bisa mengacaukan sinyal sehingga mengganggu radio polisi atau bahkan pesawat. Jika kamu menggunakan tongsis asal maka bisa dikenakan denda belasan ribu dollar AS atau dipenjara.

7. Dua seniman yaitu Aric Snee dan Justin Crowe menciptakan tongsis dimana penggunanya bisa berpura-pura sedang berfoto berpegangan tangan bersama pasangan mereka. Hal itu bisa dilakukan karena tongsis ini dilengkapi dengan tangan palsu.

Itulah beberapa fakta menarik tentang tongsis. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu ya Fresher ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme