Dalam berjalannya sebuah bisnis, konsumen menjadi satu faktor utama yang dapat menentukan keberhasilan dari bisnis tersebut. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis, suatu hal yang mutlak untuk memperhatikan konsumen. Melalui konsumen itulah bisnis yang dijalankan akan dapat berputar dan menghasilkan profit yang diharapakan. Namun untuk membuat calon konsumen berubah menjadi pelanggan setia merupakan tantangan yang besar. Untuk itu, berikut akan dibahas beberapa hal yang menjadi keinginan dari konsumen dan harus diperhatikan oleh setiap pebisnis.

  • Produk yang terbaik

Para pelanggan menginginkan apa yang dibelinya tersebut adalah yang terbaik ketimbang di tempat-tempat lain. Artinya apa yang telah dibelinya memang pantas dengan nilai uang yang harus ia keluarkan.

  • Ingin didengarkan

Konsumen akan merasa senang ketika ia diperhatikan dan apa yang diucapkannya sungguh-sungguh didengar dan dipahami. Sebagai seorang pengusaha, Anda berkewajiban untuk memberikan informasi yang jelas dan tidak hanya berpikir untuk membuat konsumen tertarik dengan produk bisnis Anda. Dengan demikian, konsumen akan merasa benar-benar dihargai dan tidak hanya semata-mata berusaha untuk menjual produk Anda.

  • Memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka

Pada poin ini, bukan hanya mengenai solusi antara kebutuhan konsumen dengan produk yang cocok. Namun, konsumen lebih menginginkan apakah produk yang akan dibeli tersebut punya pengaruh lain yang positif, misalnya terhadap kesehariannya, orang-orang di sekitarnya, dan sebagainya. Jika anda mampu menjelaskan hal tersebut, maka daya tarik produk bisnis anda lebih besar.

  • Memberikan solusi baru terhadap permasalahan konsumen

Beberapa calon konsumen memiliki ekspektasi bahwa produk atau jasa Anda dapat menjadi solusi atas masalah atau kebutuhan mereka. Ketika Anda dapat memberikan gagasan baru atau perspektif menarik terkait dengan produk bisnis yang Anda tawarkan kepada konsumen, maka pasti konsumen akan lebih tertarik dan memilih produk Anda.

  • Komunikasi yang efektif

Kebanyakan konsumen kurang menyukai yang berputar-putar atau bertele-tele dalam menjelaskan produk, harga, diskon, dan sebagainya, apa lagi diungkapkan dengan tutur yang rumit. Pelanggan menginginkan hal yang praktis, termasuk dalam komunikasi dua arah yang mudah dipahami.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme