Hari Batik

Puncak perayaan HUT ke 261 Kota Yogyakarta dihelat pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017 di Tugu Yogyakarta dengan agenda Wayang Jogja Night Carnival. Euphoria pesta peringatan hari jadi tersebut semakin meriah karena disemarakkan dengan peluncuran resmi batik motif Ceplok Segoro Amarto yang dilakukan oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Motif Ceplok Segoro Amarto merupakan perpaduan dari berbagai motif batik seperti gurdo, parang, truntum, kawung, semen dan logo gunungan Segoro Amarto. Berbekal dari perpaduan motif batik yang berfilosofi agung tersebut, batik Ceplok Segoro Amarto seolah mempunyai sifat turunan dari motif-motif perpaduan diatas, yaitu ber-DNA kewibawaan dan derajat yang tinggi.

Motif tersebut diciptakan untuk mendukung dan memperkuat semangat gotong royong warga Yogyakarta yang terkenal sebagai warga yang halus dan saling tolong serta sebagai simbol ajakan pada masyarakat Indonesia untuk bisa menggelorakan kembali semangat gotong royong demi menuju derajat tertinggi manusia yaitu sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesama.

*Diolah dari berbagai sumber

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme