Kesalahan Dalam Mengelola Bisnis Online

 

Bisnis online (online shop) menjadi model bisnis yang populer akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan bisnis online memiliki berbagai kelebihan, yaitu mudahnya melakukan promosi seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat modern yang selalu menggunakan gadget, biaya promosi yang cenderung murah, kemudahan dalam mengelola bisnis online dan tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk membuat toko. Meskipun demikian, tidak semua pelaku online shop dapat mengoptimalkan kelebihan tersebut, sehingga terjadi beberapa kesalahan dalam pengelolaan online shop, berikut beberapa di antaranya :

1.       Foto produk yang tidak jelas

Ketika kita berjualan secara online, foto produk menjadi hal yang penting, karena melalui foto konsumen akan memperoleh gambaran mengenai produk yang Anda jual. Sebaiknya Anda menampilkan gambar terbaik dari produk dan sebisa mungkin gambar tersebut dalam resolusi yang baik, sehingga konsumen mengetahui secara rinci kondisi dari produk yang Anda jual. Hindari menggunakan foto yang asal-asalan atau hanya asal ambil dari internet dan sama sekali tidak mencerminkan produk yang Anda jual.

2.       Tidak ada penjelasan detail mengenai produk yang dijual

Ketika Anda berjualan secara online, konsumen tidak dapat melihat langsung produk yang Anda jual, oleh karena itu berikan penjelasan terperinci dan spesifikasi seperti bahan, ukuran, warna, harga serta informasi pendukung lainnya. Kebanyakan usaha toko online tidak berkembang salah satu penyebabnya adalah dari informasi produk itu sendiri, yang kurang lengkap atau bahkan tidak dicantumkan. Sehingga informasi produk sangatlah penting

3.       Barang yang diterima konsumen tidak sesuai seperti yang dijanjikan

Kepercayaan pelanggan menjadi hal yang penting ketika Anda berjualan secara online. Salah satu kepercayaan yang bisa diciptakan dalam bisnis online adalah pada saat pengiriman barang kepada pelanggan. Mulai dari kondisi barang yang bagus dan ketetapan waktu pada saat barang datang. Banyak toko online yang gagal mendapatkan kepercayaan itu karena lalai ketika mengirim barang. Mulai dari kesalahan alamat, keterlambatan waktu sampai, hingga produk yang datang tidak sama dengan yang difoto dan dengan yang dipesan.

4.       Lambat dalam melayani pembeli

Tidak jarang pembeli mengajukan pertanyaan mengenai produk anda atau konfirmasi pembayaran. Hal ini biasanya terjadi bisa melalui email, sms, telepon, atau bahkan melalui sosial media. Banyak pelanggan meragukan sebuah toko online karena ketika mereka bertanya mengenai suatu produk, tidak segera mendapat jawaban. Hal ini yang membuat pelanggan malas untuk meneruskan transaksi mereka. Sebaiknya ketika pelanggan bertanya mengenai produk anda, jangan biarkan mereka menunggu lama untuk mendapat jawaban dari kita. Usahakan beri mereka jawaban sesegera mungkin.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme