Dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha pasti pernah melakukan suatu kesalahan, baik ketika merintis bisnis maupun ketika bisnis tersebut sudah berjalan. Kesalahan ini juga menjadi sebuah proses yang wajar dialami oleh pebisnis manapun, karena dengan adanya kesalahan tersebut juga menjadi satu proses pembelajaran dalam berbisnis. Seorang pengusaha yang belajar dari kesalahan mereka akan mampu bangkit dan memperbaiki keadaan bisnisnya. Berikut beberapa kesalahan yang umum dilakukan dalam berbisnis, terutama oleh pengusaha pemula, sehingga dapta dijadikan pembelajaran bagi kita semua :

1. Tidak memiliki visi dan misi dalam menjalankan usaha

Sebuah usaha yang tidak memiliki visi dan misi yang jelas kemungkinan akan mengalami permasalahan, misalnya sulitnya mengembangkan bisnis tersebut. Sebelum menjalankan suatu usaha tentunya sudah harus memahami tujuan bisnis dan juga memiliki strategi yang akan dijalankan untuk mencapainya. Sebuah usaha mungkin dapat berjalan tanpa adanya visi dan misi yang jelas namun memiliki strategi dan tujuan bisnis yang jelas tentunya akan jauh lebih baik.

2. Kesalahan dalam mengatur keuangan

Manajemen keuangan adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Pengaturan uang yang dilakukan dengan cara yang salah akan memberikan dampak yang sangat buruk terhadap usaha yang dijalankan. Sangat penting untuk memperhatikan arus pemasukan dan pengeluaran pada bisnis yang dijalankan. Dan akan lebih baik jika antara rekening pribadi dan rekening untuk usaha dipisahkan.

3. Kurang fokus dalam bisnis

Memiliki beberapa usaha yang berjalan bersamaan dengan baik tentunya akan membawa keuntungan yang berlipat. Namun menjalankan beberapa usaha dengan cara yang tidak maksimal tentunya tidak akan memberikan keuntungan karena tidak fokus terhadap masing-masing bidang usaha yang dijalankan dan berjalan tanpa perencanaan yang matang. Tidak sedikit juga dari pengusaha tersebut gagal dalam menjalankan bisnisnya karena sudah terganggu oleh beberapa bisnis lain yang menyita perhatian, waktu dan modal. Memiliki banyak usaha memang suatu hal yang baik, namun pastikan terlebih dahulu bahwa bisnis utama tetap berjalan dengan maksimal.

4. Terlalu berambisi membuat bisnis menjadi besar dalam waktu singkat

Kesalahan semacam ini seringkali terjadi pada pengusaha pemula yang belum memiliki pengalaman dalam berbisnis. Mereka terobsesi untuk segera mengembangkan dan melakukan eskpansi usahanya dengan secepat mungkin. Pengusaha pemula melakukan pinjaman untuk modal ekspansi bisnis dalam jumlah yang lebih besar  padahal usaha yang tengah dijalankan sendiri belum stabil. Padahal sebenarnya bila sebuah usaha sudah memberikan keuntungan maka lambat laun usaha tersebut akan semakin besar dan berkembang. Saat itulah waktu yang tepat untuk melakukan ekspansi bisnis.

5. Kurangnya pendekatan pada pelanggan

Seringkali terjadi sebuah usaha yang sudah cukup berhasil kemudian kurang memperhatikan para pelanggan mereka. Mereka beranggapan bahwa pelanggan sudah tidak memerlukan perhatian lebih. Padahal seharusnya sebuah usaha harus tetap memperhatikan para konsumennya walaupun bisnis tersebut sudah berkembang dan terkenal. Dengan memperhatikan dan peduli pada para konsumen maka akan membuat konsumen selalu kembali dan bahkan seorang loyal customer dapat membantu promosi dengan promosi dari mulut ke mulut.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme