Kiat Berhemat Untuk Memulai Bisnis Bagi Keluarga Muda

Kebanyakan pasangan muda memulai kehidupan mereka dengan mengandalkan pendapatan dari pekerjaan kantor. Namun banyak juga dari mereka yang pada akhirnya mengalami kejenuhan dengan kesibukan kantoran dan mulai memikirkan untuk memulai usaha sendiri. Untuk memulai suatu usaha tentunya diperlukan modal. Modal awal untuk membangun bisnis ini dapat Anda peroleh dari menyisihkan gaji Anda sebagai pegawai. Berikut beberapa tips berhemat agar Anda dapat menyisihkan gaji Anda untuk mulai merintis usaha sendiri ;
1.Menabung
Menabung merupakan cara paling standar untuk mengumpulkan modal usaha. Segera setelah Anda mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan-kebutuhan pokok, sisihkan setidaknya 5-10% penghasilan Anda untuk ditabung. Solusi berikutnya Anda dapat memisahkan antara rekening khusus untuk tabungan dan rekening yang digunakan untuk transaksi sehari-hari. Dengan demikian tabungan Anda tidak akan terusik oleh kebutuhan-kebutuhan lainnya.
2.Skala prioritas kewajiban
Anda harus memulai membuat skala prioritas terhadap kebutuhan Anda. Ketika menerima penghasilan, segera belanjakan uang tersebut untuk memenuhi kewajiban, seperti tagihan, belanja bulanan dan kewajiban lainnya. Jangan membiasakan diri menunda hutang karena hal tersebut berpotensi memunculkan masalah di kemudian hari.
3.Berhemat di akhir pekan
Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk refreshing dan melakukan kegiatan-kegiatan yang menghibur, seperti berlibur, jalan-jalan ke mal, makan di luar dan sebagainya. Anda boleh saja melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, namun ada baiknya Anda batasi dan jangan terlalu sering, karena hal tersebut dapat menghabiskan tabungan Anda. Sebagai alternatif Anda dapat mencari kegiatan menarik lainny, seperti menonton dvd di rumah atau memasak bersama. Lakukan kegiatan kreatif yang tidak membosankan namun tetap menyenangkan.
4.Hindarkan sifat manja
Manja dalam hal ini berarti Anda terlalu terlena dengan kemudahan-kemudahan yang tersedia saat ini, seperti kemudahan dalam transportasi dan makanan cepat saji. Hal-hal semacam ini secara tidak disadari juga akan menambah pengeluaran Anda. Anda dapat menyiasatinya dengan memasak sendiri dan membawa bekal dari rumah. Tidak ada salahnya juga Anda sekali-sekali menggunakan transportasi umum menggantikan kendaraan probadi Anda. Selain Anda bisa menghemat uang bensin, Anda pun akan terhindar dari kelelahan saat menyetir di tengah macetnya kota.
5.Penghasilan tidak pernah ‘Numpang Lewat’
Banyak pasangan yang merasa pendapatn bulanan mereka hanya ‘numpang lewat’ untuk memenuhi kebutuhan pokok sehingga tidak dapat menyisihkannya untuk berinvestasi. Mindset tersebut harus diubah, karena berusaha berhemat akan sulit dilakukan jika Anda tidak memiliki pola pikir positif tentang keuangan Anda. Tentunya pola pikir positif ini harus ditularkan ke pasangan lewat komunikasi yang efektif. Sampaikan kepada pasangan Anda rencana Anda mengenai pengaturan keuangan bulanan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme