Laundry : Segmen UKM, Perusahaan Franchise Jadi Sasaran Utama Lenovo

Pasar usaha kecil menengah (UKM ) yang semakin berkembang menjadi sasaran Lenovo Indonesia untuk terus dikembangkan. Memang, tidak semua UKM menjadi sasaran utama Lenovo, salah satu yang sejauh ini menjadi sasarannya adalah perusahaan-perusahaan franchise. Pendekatan pemasaran yang dilakukan oleh Lenovo melalui kerjasama dengan para pemilik franchise. Hal tersebut dipaparkan oleh Irene Santoso, direktur small medium business belum lama ini di Jakarta.

Sejauh ini telah ada sejumlah perusahaan franchise yang bekerjasama dengan Lenovo. Sebagai perusahaan yang bekerjasama langsung dengan Lenovo, menurut Irene keuntungannya adalah adanya direct touch oleh Lenovo serta adanya konsultansi. Perusahaan-perusahaan franchise tersebut antara lain Cipta Tour, Apotek 24 (K24), Salemba (bimbingan belajar), Simply Fresh (laundry) dan Javapuccino.

Menurut Irene, pasar komputer untuk UKM potensinya masih sangat besar. Bahkan Lenovo menargetkan pertumbuhan per tahun untuk penjualan di pasar UKM sebesar 20% kenaikannya dalam setiap tahun.

Bisnis waralaba, sebagaimana data yang dilansir Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) melaporkan bahwa pendapatan waralaba pada tahun 2011 mencapai Rp120 triliun. Pada tahun 2012, diperkirakan pendapatannya meningkat 20% atau hingga mencapai Rp144 triliun.

Irene menyatakan bahwa semakin tumbuhnya bisnis UKM/waralaba maka akan berdampak besar juga pada Lenovo. Dan Lenovo melihat bahwa kebutuhan computer pada UKM akan semakin meningkat.

Sumber : Warta Ekonomi Online

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme