Tips_Olahraga_Malam

Kesibukan di waktu pagi dan siang terkadang menjadi alasan seseorang enggan melakukan olahraga. Tetapi olahraga juga bisa dilakukan di waktu malam hari. Apakah Fresher pernah melakukan olahraga di malam hari? Bagaimana efeknya untuk tubuh Anda? Yuk cari tahu lebih lanjut mengenai olahraga di malam hari.

1. Relaksasi Otak
Setelah beraktivitas seharian, dengan berolahraga malam kita dapat merefresh otak kita karena manfaat olahraga selain menjaga kesehatan juga dapat menghilangkan stress sehingga mungurangi tekanan yang ada dalam pikiran kita.

2. Membentuk Otot
Bagi yang ingin membentuk otot – otot tubuh, olahraga malam sangat baik dilakukan karena membentuk atau membangun otot lebih baik dilakukan dimalam hari ketika tubuh mengeluarkan hormone yang membentuk tubuh keluar lebih banyak dari pada di pagi ataupun siang hari.

3. Membakar kalori
Untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi untuk pembakaran kalori karena kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam sehari akan dibakar tubuh ketika kita berolah raga di malam hari.

4. Mengurangi Resiko Cedera
Terkadang terjadi cedera sendi atau otot jika tubuh tidak siap melakukan aktivitas fisik namun ahli kesehatan, Dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan bahwa secara teoritis olahraga di malam hari otot tubuh justru lebih siap. Dengan berolahraga di malam hari otot – otot tubuh sudah lebih siap karena sudah terbiasa oleh aktivitas yang dilakukan selama seharian.

5.Tidur Lebih Lelap
Ada mitos yang menyebutkan bahwa berolahraga sebelum tidur akan membuat Anda jadi segar dan malah membuat tak bisa tidur. Awalnya memang begitu, tapi rasa segar itu akan menghilang sekitar 10-20 menit setelah berolahraga.
Menurut Shawn D. Youngstedt, Ph.D, dari University of South Carolina, Columbia, olahraga di malam hari dapat membantu kesulitan tidur seperti insomnia. “Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh. Bila olahraganya berlebihan, tubuh jadi dehidrasi dan sulit tidur,” jelasnya.
Bagi mereka yang pekerja keras di siang hari, berolahraga di malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika kegiatan olahraga malam hari ini sudah dilakukan secara rutin, maka kualitas tidur anda akan meningkat dan membuat anda merasa jauh lebih fit di pagi hari. Namun perlu disarankan untuk berdiam diri selama 1 jam setelah olahraga karena suhu tubuh setelah olahraga akan meningkat.

6. Paru – paru dalam kondisi terbaik
Menurut penelitian kondisi paru – paru yang maksimal berada pada pukul 4 sampai 5 sore, dengan ini kita tidak mudah lelah saat berolahraga dan dapat meningkatkan kapasitas paru – paru kita.

7. Menghilangkan Racun dan Toxin Seharian Beraktivitas
Selama beraktivitas pada siang hingga sore hari, ada banyak racun dan radikal bebas yang mungkin dapat mengganggu tubuh dan kesehatan kita. Contohnya adalah asap dan debu, makanan tidak sehat yang kita konsumsi, dan udara AC seharian. Nah malam hari setelah olahraga adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan semuanya.

8. Untuk meningkatkan daya gerak otot tubuh
Olahraga pada malam hari khususnya olahraga seperti lari atau jogging, akan dapat meningkatkan daya gerak tubuh. Hal ini karena ketika seseorang berlari di malam hari, bukan indra penglihatan yang bekerja tetapi sistem sensor dalam tubuhlah yang bekerja ‘merasakan’ jalanan ataupun tempat kita berlari. Dengan meningkatnya ketajaman sensor pada tubuh, sistem refleks serta daya gerak bagian-bagian tubuh pun dapat lebih mudah terstimuli.

Ternyata berolahraga di malam hari juga banyak manfaatnya Fresher. Jadi yuk tetap semangat menyempatkan diri berolahraga kapanpun tetapi perhatikan juga porsi olahraga Anda agar sesuai dengan daya tahan tubuh.

Sumber: womenshealth & manfaat.co.id

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme