Dalam merintis suatu bisnis pasti akan selalu muncul kendala untuk mencapai kesuksesan. Hal ini yang menimbulkan ketakutan pada banyak orang untuk memulai usaha. Kendala dan hambatan tersebut tidak semestinya menjadi alasan untuk menunda memulai bisnis melainkan menjadi tantangan untuk tetap maju dan berinovasi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang mungkin dapat muncul dalam menjalankan bisnis :

1. Mengatasi permasalahan modal

Bagi banyak orang, permasalahan modal menjadi kendala utama dalam merintis usaha. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, masih terdapat banyak peluang yang dapat dimanfaatkan. Anda dapat mencari partner kerja atau mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan. Hal yang perlu diingat sebelum mengajukan pinjaman adalah memproyeksikan peluang dari bisnis yang akan dijalankan dan membuat proposal usaha dengan rincian modal yang dibutuhkan. Sehingga calon partner kerja maupun pihak yang ingin memberikan bantuan modal, lebih percaya serta tidak ragu lagi dengan usaha yang akan Anda jalankan.

2. Mengatasi permasalahan skill

Selain permasalahan modal, kurangnya skill ataupun pengalaman menjadikan seseorang tidak percaya diri untuk memulai bisnis. Untuk menambah rasa percaya diri, Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan belajar dari buku, belajar dari orang yang lebih ahli atau bisa juga dengan mengikuti kursus. Jika skill Anda masih kurang, tidak perlu berkecil hati karena Anda juga bisa menggandeng partner atau mencari SDM yang terampil dan sudah ahli di bidang tersebut. Jadi Anda dapat menjalankan usaha sekalian belajar meningkatkan skill Anda.

3. Mengatasi permasalahan pemasaran

Setelah  bisnis mulai dirintis, kendala yang sering muncul berikutnya adalah masalah kurangnya jaringan sehingga pemasaran yang dilakukanpun terbatas. Sebaiknya untuk membangun relasi Anda dapat memulainya dengan orang-orang yang sering berinteraksi dengan Anda, seperti rekan kerja, kerabat maupun relasi-relasi kerja yang pernah menjadi partner Anda.

4. Mengatasi rasa takut gagal

Kegagalan dan kerugian merupakan hal yang ditakutkan oleh setiap orang ketika akan mulai merintis usaha. Jika Anda tidak dapat melawan ketakutan tersebut maka usaha Anda tidak akan berkembang. Alangkah baiknya jika Anda melawan segala ketakutan tersebut dan jalankan usaha Anda dengan fokus dan ketekunan, karena segala tantangan dan hambatan dalam menjalankan usaha dapat diselesaikan jika Anda fokus dalam menjalankan usaha Anda.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme