Pentingnya Mengajarkan Kebaikan

Apakah Fresher mempunyai anak kecil atau adik kecil dirumah?Sebagai orang tua, penting untuk mengajari anak pentingnya berbuat baik sejak ia masih kecil. Hal ini adalah landasan untuk anak mengetahui bagaimana caranya berbuat dan bersikap dengan baik dan benar.

Mengajari anak berbuat baik memang bukan hal yang mudah karena kita harus menanamkan pengertian dalam benak sang anak. Tetapi jika kebiasaan baik tersebut sudah tertanam maka akan menjadi hal positif dalam membangun karakter anak.

Berikut ini adalah cara mengajarkan anak tentang pentingnya berbuat berbuat baik

1) Dapat Meringankan Beban Orang Lain
Berbuat baik dengan membantu orang lain dapat meringankan beban atau pekerjaan orang yang ditolong. Misalnya Anda dapat mengajari anak untuk membiasakan membantu orang lain atau membantu  menyapu, membereskan mainannya sendiri, atau melakukan perbuatan baik lainnya. Jika dapat meringankan beban orang lain maka ia pasti akan membuat orang yang ditolong merasa senang.

2) Membuat Orang Menjadi Bahagia
Berbuat baik dengan menghibur orang yang sedih atau teman yang menangis akan membuat perasaan orang di dekatnya menjadi lebih baik dan tidak sedih lagi. Biasakan anak untuk tidak cuek melihat orang yang sedang sedih. Beri pengertian pada anak bahwa menghibur orang lain yang sedang sedih akan membuat mereka menjadi bahagia.

3) Tidak Merugikan Orang Lain
Berbuat baik dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Beri pengertian pada anak jika kita berbuat jahat kepada orang lain, ini akan merugikan orang lain dan membuat mereka sedih serta kesusahan.

4) Membangun Sikap Empati
Sejak kecil, anak perlu diajari sikap empati yaitu ketika anak melakukan sesuatu terhadap orang lain posisikan diri anak pada orang tersebut. Katakan pada anak, “Kalau dicubit sakit maka kita juga tidak boleh mencubit”. Sebaliknya jika kita pasti ingin semua orang berbuat hal yang sama dengan yang kita lakukan.

5) Berbuat Baik Punya Banyak Teman
Berbuat baik kepada orang lain akan menghindarkan anak dari permusuhan. Sebaliknya dengan berbuat baik anak akan semakin disayang teman dan memiliki teman yang semakin banyak.

Bagaimanapun dalam mengajarkan berbuat kebaikan pada anak akan lebih baik jika langsung memberikan contoh tindakan bukan hanya lisan. Karena dengan melihat anak akan bisa mempelajari dan meniru perbuatan baik tersebut.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme