mencuci sepatu putih

Sebelum memulai usaha laundry sepatu, sebaiknya kita sebagai pengusaha mempersiapkan beberapa strategi dan list peralatan usaha laundry sepatu. Berikut ini adalah beberapa list perlengkapan laundry sepatu & strategi dalam penerapan jasa laundry sepatu.

1. Siapkan Modal untuk Peralatan

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Ada dua pilihan jika Anda ingin membuka usaha pencucian sepatu. Yang pertama adalah cara manual dan yang kedua menggunakan mesin cuci sepatu. Jika Anda memilih mesin cuci, maka Anda harus merogoh kocek agak dalam karena harga mesin cuci sepatu ini lumayan mahal.

Mesin cuci sepatu dengan kapasitas 5 kg dihargai sekitar Rp 10 juta per setnya. Belum termasuk pengering sepatu, deterjen, dan peralatan lain. Nah, jika Anda memilih cara manual, modal yang Anda keluarkan hanya sekitar Rp 500 ribuan saja.

Modal Usaha Laundry Sepatu Yang Harus Disiapkan :

1. Sikat sepatu untuk mencuci : Rp 25.000
2. Sikat sepatu untuk memoles : Rp 25.000
3. Deterjen pembersih sepatu : Rp 30.000
4. Pengering sepatu elektrik: Rp 200.000
5. Pewangi sepatu: Rp 80.000
6. Semir sepatu hitam dan putih : Rp 40.000
7. Kantong sepatu plastik : Rp 20.000
8. Ember untuk mencuci : Rp 15.000
9. Banner promosi : Rp 100.000

Total modal : Rp 535.000

Ini adalah modal minimal jika Anda ingin membuka bisnis laundry sepatu, belum termasuk sewa tempat. Sebenarnya Anda bisa saja memulainya hanya dengan bermodal sikat, deterjen, dan pewangi saja. Namun pengerjaan pencucian sepatu Anda akan berjalan lebih lama.

Beli Mesin Laundry Sepatu Atau Tidak?

Jika Anda berniat ingin membeli mesin laundry sepatu, tentu saja Anda harus melihat modal Anda. Berapa banyakkah modal yang Anda miliki dan berapa lama kira-kira Anda sanggup untuk balik modal.

Jika mengecek harganya di marketplace, Anda akan mendapati harga mesin laundry sepatu dijual mulai harga sekitaran 10 juta rupiah. Namun ada produk lokal juga yang dijual senilai 5 juta rupiah. Jika Anda memiliki cukup uang maka Anda bisa membelinya.

Analisa Prospek Usaha Cuci Sepatu

Salah satu hal yang mungkin sering ditanyakan ketika akan memulai usaha adalah apakah usaha tersebut akan laku atau tidak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Jasa laundry sepatu sendiri memiliki potensi yang lumayan bagus. Karena belum banyak orang yang membuka bisnis ini. Namun hal tersebut tergantung dimana Anda membuka usaha.

Jika Anda membuka usaha di desa dimana daya beli masyarakat rendah dan juga tidak banyak dari mereka yang menggunakan sepatu. Kemungkinan usaha Anda tidak akan berkembang.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus membuka usaha Anda di lokasi yang masyarakatnya sibuk, modern, dan tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencuci sepatunya sendiri. Bisa di kota besar atau di daerah dekat dengan kampus dan perkantoran.

Selain lokasi, hal yang sangat penting dan sangat berpengaruh bagi lakunya sebuah usaha adalah bagaimana cara promosi Anda. Jika Anda melakukan promosi dan strategi pemasaran yang benar maka usaha Anda akan berkembang dengan bagus.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme