MENCUCI adalah kegiatan yang memerlukan berbagai aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari kecepatan putaran mesin cuci, seberapa hangat atau dingin air yang digunakan untuk mencuci, dan jenis-jenis pakaian yang harus dicuci terpisah agar pakaian Anda tetap awet. Selain faktor-faktor tersebut, salah satu yang tidak boleh terlupakan adalah deterjen yang digunakan.

Jenis deterjen yang umum digunakan adalah deterjen cair dan deterjen bubuk. Namun manakah pilihan yang terbaik diantara keduanya?

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan keduanya:

Deterjen bubuk lebih murah
Salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan deterjen bubuk karena harganya  ekonomis. Deterjen bubuk memiliki harga yang lebih murah karena deterjen cair membutuhkan lebih banyak zat kimia dalam proses pembuatannya, jelas Shoaib Arif, manajer aplikasi dan layanan teknis di Pilot Chemical, perusahaan pembuat surfaktan.

Deterjen bubuk bekerja lebih baik dalam menghilangkan kotoran yang berasal dari luar rumah

Deterjen bubuk memiliki kandungan surfaktan yang masih berhubungan dengan alkylbenzene sulfonate, yang sangat efektif untuk noda yang berasal dari luar rumah seperti lumpur, tanah liat, atau rumput kotor.

Deterjen cair cocok untuk noda minyak
Pada umumnya deterjen cair mengandung alkohol etoksilat dalam bahan-bahan pembuatannya, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan noda-noda minyak, seperti sisa masakan ataupun gorengan yang menempel pada pakaian.

Deterjen cair lebih nyaman
Menggunakan deterjen cair untuk mencuci dianggap lebih mudah dibandingkan menggunakan deterjen bubuk. Dan jika Anda tidak menggunakan deterjen bubuk secara tepat pada noda, maka noda tidak akan menghilang. Selain itu, deterjen bubuk biasanya menggunakan kotak kardus yang berat, sulit dibawa, dan mudah robek terutama jika basah.

Deterjen bubuk memiliki masa simpan lebih lama
Deterjen bubuk lebih stabil dibandingkan deterjen cair, kemampuan dalam kebersihan pakaian juga lebih lama. Deterjen cair akan kehilangan kemampuan untuk membersihkan pakaian jika sudah dicampur air. Jika Anda tipe orang yang suka membeli dalam jumlah besar, deterjen bubuk adalah pilihan yang lebih baik.

Pada intinya, deterjen cair dan deterjen bubuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya bisa membersihkan pakaian Anda dengan baik. Jika Anda memilih deterjen cair, pilih deterjen yang memiliki konsentrasi tinggi karena deterjen cair kebanyakan berupa air.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme