Step By Step Membangun Usaha

Banyak orang yang membangun usaha tanpa perencanaan yang matang sehingga resiko kegagalan bisnis menjadi lebih besar. Oleh karenanya bagi Anda yang sedang akan memulai usaha sendiri, tidak ada salahnya Anda merencanakan langkah-langkah Anda agar dalam perencanaan usaha Anda tidak ada yang terlewatkan. Berikut Step By Step Membangun Usaha yang dapat Anda lakukan, terutama bagi Anda pemula, dalam memulai usaha Anda : contohnya usaha laundry / bisnis laundry
1.Menciptakan produk atau jasa – Step By Step Membangun Usaha
Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah memproduksi barang atau jasa yang akan Anda jual kepada konsumen. Dalam tahap persiapan ini Anda perlu memikirkan bagaimana caranya menciptakan produk dengan kualitas terbaik. Setelah produk berhasil diciptakan, tahap selanjutnya adalah menentukan merk dagang yang akan digunakan dan menentukan besaran harga yang akan ditawarkan kepada calon konsumen.
2.Melakukan survei pasar – Step By Step Membangun Usaha
Survei pasar ini dilakukan untuk mengetahui respon konsumen terhadap produk Anda. Kritik ataupun saran dari konsumen dapat menjadi bekal bagi Anda untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar dan menjadi bahan evaluasi bagi Anda terhadap produk yang Anda buat.
3.Mempersiapkan kebutuhan ijin usaha – Step By Step Membangun Usaha
Meskipun pada awal pembukaan bisnis, masalah perijinan usaha belum menjadi prioritas utama bagi sebagian pelaku bisnis rumahan, namun bukan berarti urusan tersebut dapat Anda abaikan begitu saja. Kelegalan bisnis Anda akan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Oleh karenanya tidak ada salahnya Anda mulai mempersiapkan persyaratan atau adminitrasi surat ijin usaha sebelum Anda nantinya memulai bisnis yang lebih besar.
4.Memilih lokasi yang strategis – Step By Step Membangun Usaha
Lokasi usaha dapat menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis Anda. Oleh karena itu pastikan Anda memilih lokasi usaha yang strategis dan sesuai dengan target pasar yang Anda bidik. Misalnya jika Anda membuka bisnis laundry Anda dapat memilih lokasi yang berdekatan dengan perumahan ataupun kos-kosan sebagai target pasar Anda.
5.Membuat SOP – Step By Step Membangun Usaha
Langkah selanjutnya adalah membuat standar operasional prosedur sebagai acuan pergerakan bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar seluruh aktivitas bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan teratur.  Beberapa sistem yang perlu Anda perhatikan antara lain alur operasional usaha, sistem produksi dan pemasaran, kontrol barang masuk dan keluar, laporan keuangan, dan lain sebagainya

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme