Strategi Bertahan Dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan akan selalu ada. Keberadaan pesaing ini memperbesar resiko usaha. Banyak usaha yang kemudian gagal karena tidak dapat menghadapi persaingan usaha. Kemampuan bertahan terhadap persaingan ini tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Berikut akan dibahas beberapa strategi bertahan dalam bisnis :

  • Menentukan merk dan segmentasi dari produk yang harus disesuaikan dengan target pemasaran. Dengan adanya segmentasi dari produk maka target pasar dari produk trersebut akan terfokus dan penggunaan merk yang menjual akan memudahkan dalam memasarkan produk tersebut.
  • Lokasi penjualan yang strategis, dimana lokasi penjualan ini mempertimbangkan keberadaan lokasi calon pembeli. Lokasi penjualan yang ideal adalah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau sehingga strategi pemasaran dapat berjalan dengan optimal.
  • Promosi, dengan tujuan untuk mendekati calon pembeli dengan perkenalan merk dan produk. Promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan promosi melalui brosur, pemasangan iklan di media cetak ataupun elektronik dan sebagainya.
  • Memberikan penawaran menarik bagi konsumen, dimana dapat dilakukan ketika awal peluncuran produk Anda. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Anda ke khalayak ramai dan juga menarik minat calon konsumen. Anda dapat memberlakukan penawaran-penawaran seperti potongan harga atau voucher. Dengan demikian konsumen akan selalu tertarik untuk kembali membeli produk Anda.
  • Melakukan pengembangan usaha, yang dapat dilakukan dengan memperluas segmentasi pasar, memperluas pemasaran, membuka cabang baru, dan sebagainya.
  • Membentuk mental yang kuat, karena dalam menjalankan dan mengembangkan usaha pastinya akan sangat banyak terdapat rintangan dan kendala yang dihadapi, sehingga tanpa adanya mental yang kuat, kerja keras dan pantang menyerah, kesuksesan dalam usaha akan sulit untuk digapai.
Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme