Penyakit Diabetes

Diabetes melitus merupakan ganguan metabolisme yang timbul akibat peningkatan kadar gula darah di atas nilai normal yang berlangsung secara kronis. Hal ini diakibatkan karena kurangnya produksi insulin atau gangguan kerja insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pangkreas dan berfungsi mengatur penggunaan glukosa oleh otot, lemak, atau sel-sel lain di tubuh. Yang perlu Fresher ketahui, diabetes melitus bisa terjadi pada anak dan dewasa. Wahhh.. ngeri banget kan??

Selain pengobatan secara medis, ternyataa ada lho obat-obatan tradisional dari tumbuhan di sekitar lingkungan kita yang dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi kadar glukosa dalam darah. Diolah dari beberapa sumber, tanaman tersebut ialah:

1. Brotowali
Extra batang brotowali bisa dimanfaatkan untuk menstabilkan kembali gula darah. Walaupun rasanya pahit tapi sifatnya menyejukkan.
2. Mahkota Dewa
Mahkota Dewa ini bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala yang tidak mengenakan bagi penderita diabetes
3. Jahe
Jahe dapat memperbaiki kontrol gula darah dalam jangka panjang untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.
4. Lidah buaya
Lidah buaya dapat menurunkan lemak darah dan membantu memperbaiki kadar glukosa darah.
5. Pare
Pare memiliki zat aktif anti diabetes termasuk Charantin yang dapat merangsang beta pankreas untuk mengeluarkan insulin
6. Extra Bilberry
Ada senyawa anthocyanosides yang terkadung dalam extra bilberry yang dapat menurunkan kadar glukosa darah. Selain itu dapat meningkatkan kekuatan pembuluh darah yang dapat memiliki sifat perlindungan terhadap kerusakan retina pada orang yang terkena diabetes.

Obat tradisional ini harus dikonsumsi secara teratir dan rutin yaa.. Karena memang butuh waktu dan ketekunan juga. Jangan lupa berdoa kepada Allah Subhanahu Wataala agar diberi kesembuhan.

Gimana Fresher, mau mencoba dirumah?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme