Bermain merupakan hal yang selalu dilakukan oleh si kecil setiap hari. Tak terkecuali oleh anak Fresher di rumah. Luar ruangan merupakan tempat favorit bagi anak – anak kita. Namun, apakah si kecil benar – benar aman saat melakukan berbagai macam aktivitas di luar ruangan? Itulah yang selalu menjadi beban pikiran kita selaku orang tua yang memiliki anak di usia yang sedang lincah – lincahnya. Mestipun begitu, bermain merupakan hak anak yang tidak boleh Fresher kekang karena hal itu akan membuat si anak menjadi tidak bebas ber-ekspresi.

Berikut Mr. Fresh akan memberikan beberapa tips agar sang anak aman saat bermain di luar ruangan

1. Berikan pengarahan

Mungkin anak tidak mau bermain sendiri karena tidak tahu cara memainkan mainannya. Berikan pengarahan dan bimbing ia bermain, sampai akhirnya ia dapat melakukannya sendiri. Secara bertahap, tariklah diri Fresher dari arena permainan agar ia bermain sendiri. Tetapi jangan lupa, anak tetap harus diawasi selama bermain. Diawasi dari kejauhanpun tidak menjadi masalah.

2. Jangan sendirikan dia

Walaupun kita mengusahakan anak bermain sendiri, jangan biarkan ia merasa sendirian. Lakukanlah pekerjaan Fresher di dekatnya. Misalnya, saat ia bermain, Fresher minum teh di dekatnya. Atau, saat Fresher membaca buku, ia juga bermain dengan bukunya di dekat Fresher.

3. Bermain dengan sedikit mainan saja

Sudah wajar bila si kecil memiliki setumpuk mainan. Semakin bertambah usianya, semakin banyak mainan yang ia miliki. Anak cepat bosan dengan mainan yang terlalu banyak. Keluarkan mainannya satu per satu, dan sembunyikan mainan yang ia sudah bosan. Biarkan ia mengeksplorasi mainan hingga bosan, baru beralih ke mainan lainnya. Ini juga merupakan tips supaya tidak boros.

4. Tirulah Anda

Kadang kala anak ingin memainkan benda-benda yang bukan mainan. Coba berikan alat-alat yang aman untuknya. Bila sapu termasuk benda yang aman untuk anak seusianya, mintalah ia bermain bersih-bersih ruangan. Hal ini juga bertujuan untuk mendidik sang anak untuk menyukai kebersihan.

5. Buatlah sesuatu yang seru

Buatlah tenda kecil dari kain sprei, dan letakkan beberapa mainan di dalamnya. Ia pasti seru bermain tenda-tendaan. Diawasi juga ya, Fresher 🙂

Fresher, perlu diingat bahwa kemampuan anak bermain sendiri sangat tergantung pada kondisinya. Bila ia lapar, sakit, atau lelah, ia tidak akan mau bermain sendiri. Mulailah menyelipkan waktu untuk bermain sendiri dalam rutinitas sehari-harinya, agar ia terlatih sejak dini. Bersabar ya parents, kebiasaan ini tidak dapat langsung diterapkan.

Demikian tips dari Mr. Fresh untuk Fresher dimanapun berada. Selamat mencoba Fresher 🙂

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme