Masa muda adalah masa-masa yang paling tepat untuk menggali potensi dalam diri. Jika potensi tersebut dapat dimaksimalkan bukan tidak mungkin akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan mencapai kesuksesan di usia muda. Bagi kaum muda yang ingin merintis bisnis sedini mungkin, teruslah bersemangat dan jangan mudah putus asa, karena dua hal tersebut merupakan faktor yang penting untuk mencapai sebuah kesuksesan. Berikut beberapa tips bisnis bagi kaum muda :

1. Gali potensi diri

Cobalah renungkan dan gali semua potensi yang ada dalam diri kita. Kita dapat memulai dengan hal-hal yang kita suka atau yang menjadi hobi kita. Sudah banyak yang membuktikan bahwa hobi atau hal yang menjadi minat kita dapat dikembangkan menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Oleh karena itu, gali terus dan temukan potensi yang dapat dijadikan pegangan dan ide untuk berbisnis.

2. Menjalin banyak relasi

Sebisa mungkin jalinlah relasi dengan banyak orang, karena dengan menjalin relasi yang luas maka peluang dan kesempatan dapat dengan mudah muncul dan terbuka. Jalinlah pertemanan dengan orang-orang yang dapat memberikan support dan pengaruh positif bagi kita. Akan lebih baik lagi jika kita dapat berteman sekaligus bekerjasama dalam membangung bisnis.

3. Ide bisnis

Banyak sekali ide bisnis yang dapat digali di sekitar kita. Ide bisnis bahkan dapat dimulai dari hal yang sederhana, tidak perlu mencari gagasan yang terlalu kompleks. Kita dapat memulai dari hal kecil yang mudah diaplikasikan dan yang terpenting adalah cepat action sehingga ide bisnis tersebut dapat segera direalisasikan.

4. Memanfaatkan kecanggihan teknologi

Kalangan anak muda tentu sudah sangat familiar dengan perkembangan teknologi dan infonet. Karena itu, tidak ada salahnya bila kita mengoptimalkan peran teknologi dan infonet untuk mendukung perkembangan bisnis kita. Contohnya saja seperti menggunakan sosial media, e-mail, blog, forum online untuk membantu mempromosikan bisnis di dunia maya.

5. Jangan melupakan sekolah atau kuliah

Meskipun sudah bisa berbisnis sendiri, jangan sampai meninggalkan pendidikan. Tetap jalani keduanya secara seimbang. Karena bagaimanapun, pendidikan merupakan hal yang penting, bahkan dapat bermanfaat untuk menunjang bisnis ke depannya.

6. Belajar dari pengalaman senior

Sebagai seorang pemula, tentunya Anda wajib mencari guru dan partner kerja dari kalangan pengusaha. Poin ini perlu Anda jalankan untuk mempertajam ilmu bisnis yang Anda miliki, sekaligus mencari partner kerja yang sudah hapal dengan seluk-beluk dunia usaha. Dengan begitu, Anda bisa bertukar pikiran dengan para motivator bisnis yang telah sukses sebelum Anda, serta bekerjasama dengan para investor untuk mengembangkan ide bisnis yang Anda miliki.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme