Sprei saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok karena selain berfungsi sebagai penutup tempat tidur agar terhindar dari debu dan kotoran, sprei juga berfungsi sebagi penghias kamar tidur karena motifnya yang beraneka ragam. Berikut tips cara mencuci sprei dengan benar agar sprei Fresher tetap awet dan warnanya tidak cepat pudar.

  1. Pisahkan Cucian Sprei dengan Cucian Baju karena jika dicampur ada kemungkinan serat katun panjang dari sprei akan berinteraksi dengan bulu-bulu halus dari bahan-bahan lain, ini akan mengurangi kenyamanan tidur dan bagi yang mempunyai kulit sensitif dapat membuat kulit gatal.
  2. Pastikan sprei yang akan dicuci sudah bersih dan noda yang menempel sudah tidak ada sama sekali sebelum melakukan proses pencucian. Jika tidak dibersihkan sebelumnya, noda ini malah akan luntur dan merusak area sprei yang lebih luas lagi saat direndam dan dicuci.
  3. Merendam sprei sebelum mencuci dapat meringankan proses pencucian karena kotoran-kotoran yang ada sedikit banyaknya sudah terlarut ke dalam air rendaman. Namun jangan merendam sprei terlalu lama karena  akan membuat warna sprei menjadi luntur dan kusam. Lama waktu perendaman yang disarankan adalah sekitar 30-45 menit dan penggunaan deterjen secukupnya saja.
  4. Ada 2 metode mencuci, yaitu mencuci dengan mesin cuci dan mencuci dengan tangan. Cara Mencuci Dengan Mesin Cuci : Pastikan deterjen sudah terlarut dalam air sebelum memasukkan sprei agar tidak memberi bekas pada kain sprei dan gunakan putaran sedang agar tidak merusak kain. Sedangkan Mencuci Dengan Tangan (Manual) : Mencuci sprei dengan tangan mepunyai kelebihan sendiri dibandingkan dengan mesin cuci karena kita bisa lebih mengontrol proses pencucian agar tetap aman dan tidak merusak sprei kita. Dalam mencuci sprei secara manual dengan tangan, jangan pernah menggunakan sikat. Penggunaan sikat akan benar-benar merusak serat kain sprei. Jika Fresher sudah merendam sprei sebelumnya, cukup kucek perlahan saja.
  5. Lakukan pembilasan minimal 2 kali untuk memastikan sprei benar-benar bersih dari deterjen.
  6. Untuk cuci manual, setelah dicuci dan dibilas, keringkan sprei dengan cara diperas namun jangan terlalu kuat karena dapat merusak serat kain  dan dapat membuat sprei menjadi kusut. Bagi yang menggunakan mesin cuci, mungkin bisa mengabaikan bagian ini karena mesin cuci sudah cukup canggih dalam hal memeras dan mengeringkan.
  7. Jangan menjemur sprei di bawah sinar matahari langsung karena dapat menyebabkan warna sprei mudah kusam. Untuk mencegah hal tersebut Fresher bisa menjemur dengan posisi sprei terbalik. Selain itu untuk menjemur sprei jangan menggunakan jepitan agar sprei tidak mudah rusak dan jangan menjemur sprei dalam ruangan, pastikan Fresher menjemurnya di udara terbuka agar sprei tidak bau apek.
  8. Setelah kering segera setrika dengan panas medium, jangan menggunakan panas yang terlalu tinggi karena bisa merusak serat kain.

Demikian tips cara mencuci sprei dengan benar. Semoga bermanfaat.

Oleh : Diana Artha

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme