tips dan trik menyetrika

Menyetrika merupakan pekerjan rumah yang rutin dan tidak mungkin untuk dielakkan. Apalagi oleh ibu -ibu rumah tangga yang tidak ada pembantu khusus yang mengerjakan pekerjaan yang terkadang membosankan ini. Karena sering dilakukan terkadang kita malas sehingga menunggu pakain bertumpuk dulu dalam keranjang. Berikut Mr. Fresh akan berbagi sedikit info berupa tips dan trik menyetrika  sehingga hemat listrik dan cepat bagi Fresher dimanapun berada.

tips dan trik menyetrika

Berikut ini tipsnya :

Sebelum menyetrika, siapkan sebotol air minum karena setrikaan mengeluarkan hawa panas yang bisa membuat tubuh dehidrasi. Sehingga Fresher harus sering minum sewaktu setrika.

Sembari memanaskan setrikaan, pisahkan pakaian ke dalam tiga kategori(tumpukan). Tumpukan yang butuh penanganan. lebih hati-hati (baju kerja dll) & suhu panas setrika yang lebih tinggi. Tumpukan pakaian rumah & yang membutuhkan suhu setrika panas yang lebih rendah. Tumpukan pakaian yang ukuran kecil & tipis seperti pakaian dalam dll. Pemisahan tumpukan baju berguna untuk penghematan.

Sebelum dicolok, pastikan pengatur suhu panas setrika ada di suhu terendah karena kalau di set dipanas yang tinggi, akan mengkonsumsi listrik lebih besar. Setting suhu dari paling rendah dan pelan-pelan dinaikkan. ini akan menghemat penggunaan listrik.

Sambil membagi kedalam masing-masing tumpukan, pakaian di kibas-kibas/kebet-kebet untuk melepaskan sisa debu atau benang pakaian yang masih menempel setelah di cuci & dijemur.

Baca juga, berikut sedikit tips untuk mengatur suhu setrika pada pakaian

Khusus celana kerja apalagi warna hitam, setrikalah dari bagian dalam untuk mencegah terbentuknya noda/garis putih membekas akibat suhu panas setrika. Selain itu, pastikan resleting celana & kancing sudah terkait supaya kain celana tidak lari kemana-mana pas di setrika.

Menyetrika merupakan kegiatan yang cukup matematis juga sepertinya. Untuk memastikan pakaian rapi dengan cepat bukan dengan menggerakan setrikaan bolak balik dengan cepat. Berikut hal yang mempengaruhi kerapian pakaian dalam waktu cepat :

Bentangkan pakaian dengan rapi dimulai dari ujung kanan & kiri jahitan & pastikan bagian bawah pakaian juga rapi tidak terlipat sehingga ketika bagian atas di setrika, bagian bawah tidak akan terlipat (lecek). Hal ini malah akan membuat menyetrika menjadi lebih lama.

Untuk mempercepat pakaian menjadi rapi, ada 4 hal yang berpengaruh : Suhu yang digunakan (disesuaikan dengan jenis kain), lama waktu setrikaan berada disatu area, tekanan(pressure) pada setrikaan, Tarikan kain memastikan area yang dilewati setrika tidak ada yang terlipat.

Untuk pakaian kaos rumah, bentangkan kaos tersebut dengan bagian belakang menghadap keatas. Pastikan kain terbentang dengan rapi sisi atas & bawah. Mulailah menyetrika bagian lengan dan area punggung. Setelah itu, lipatlah mulai dari bagian yang berdekatan dengan badan Fresher & setrikalah bagian depan yang menghadap keatas (karena sudah dilipat), lanjutkan dengan bagian yang jauh dari badan Fresher.

Proses menyetrika bisa menjadi lebih mudah dimulai dari proses menjemur. Pastikan ketika menjemur, pakaian terbentang dengan rapi tanpa lipatan, sehingga pas kering, pakaian tidak terlalu lecek.

Ketika pakaian sudah kering, tapi belum sempat menyeterika, simpan pakaian dan dilipat dengan rapi untuk meminimalisir pakaian menjadi lebih lecek lagi.

Sekian tips dari Mr.Fresh. Semoga bermanfaat untuk Fresher semua …
Simply Fresh, JUARANYA LAUNDRY KILOAN !!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme