Tips memperbanyak ASI

Bagaimana Memperbanyak ASI Bagi ibu ? Tubuh wanita dirancang dengan sangat baik oleh yang Maha Kuasa. Setelah rahimnya mampu mengembang 1000 kali volume aslinya dengan berat yang meningkat 20 kali lipat, dari 40 gram saja menjadi 800 gram kini setelah melahirkan air susu nya menyimpan nutrisi berharga untuk anaknya. Entah Ibu yang bekerja atau tidak, entah melahirkan secara normal atau cesar, seorang Ibu tetaplah pahlawan bagi anaknya. Awal mula kegiatan menyusui dirasa oleh Ibu-Ibu baru menjadi hal yang begitu susah dan penuh dengan teori. Tidak jarang dipenuhi dengan drama lecet dan perih pada puting Ibu. Berikut ini adalah beberapa tips memperbanyak ASI bagi ibu yang bekerja.

1. Hindari Stress
Adaptasi pada awal menyusui bagi seorang ibu baru akan dapat menentukan keberlanjutan keberhasilan menyusui. Saat awal menyusui dirasa menjadi hal terberat karena keadaan pori-pori puting belum banyak terbuka. Mungkin akan ada rasa perih dan panas. Saat-saat awal inilah seperti sebuah ujian untuk seorang Ibu apakah akan menyerah dalam menyusui. Jika demikian, usahakan untuk menghilangkan segala pikiran lain selain bahwa Ibu harus dapat menyusui. Dengarkan suara-suara yang menenangkan atau bayangkan kelekatan yang akan terbentuk antara Ibu dan anak jika Ibu berhasil menyusui.

2. Jadwal pompa ASI
Buat jadwal pompa ASI semisal 2 jam sekali. Ingat hukum Suply and Demand. ASI Ibu akan tersuply banyak sesuai dengan banyaknya juga jumlah demand yang diinginkan. Jika Ibu membuat jadwal teratur maka tubuh Ibu akan mendapat semacam peringatan bahwa Ibu sedang membutuhkan ASI lebih. Seberapapun hasilnya tidak masalah. Jangan lupa untuk tetap memberikan ASI secara langsung kepada anak (bukan lewat botol) karena hisapan anak adalah perangsang terbaik suply ASI. Usahakan melakukan pompa secara rutin pada dini hari karena suply ASI terbesar pada jam-jam tersebut.

3. Persiapan sebelum pompa
Siapkan bra yang nyaman agar ketika melakukan pompa tidak ribet. pijat payudara sebelum memulai pompa dan minum air putih secukupnya. Rasakan kebahagiaan bahwa anda sudah menjadi seorang Ibu yang sudah menyusui.

Simply Fresh, JUARANYA LAUNDRY KILOAN

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme