Tips Memulai Bisnis Bagi Mahasiswa

 

Saat ini, berbisnis dapat dilakukan oleh siapa saja. Termasuk oleh pelajar atau mahasiswa. Justru ketika seseorang memulai bisnis sejak usia dini menjadikan dirinya semakin banyak belajar dan memperoleh pengalaman yang nantinya akan bermanfaat bagi pengembangan bisnisnya di masa depan. Bisnis pun tidak harus dimulai dengan hal yang rumit. Ide bisnis bahkan dapat muncul dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Berikut ini akan dibahas beberapa tips bagi mahasiswa yang ingin terjun ke dunia bisnis dan menemukan ide bisnis yang sesuai :

1.       Menemukan peluang bisnis dari hal yang sederhana

Peluang bisnis yang terdekat dapat berawal dari hobi yang Anda minati dan sukai. Banyak orang yang justru meninggalkan hobinya hanya untuk sekedar bekerja kepada orang lain, padahal hobinya dapat mendatangkan incomeyang lebih besar. Lihatlah potensi diri Anda, apa hobi yang saat ini Anda sedang jalankan dan Anda minati. Dalami hobi tersebut sehingga Anda akan membuka bisnis pertama Anda dari hobi tersebut.

2.       Bisnis yang penuh inovasi dan kreativitas

Sebagai mahasiswa, Anda dapat melihat peluang usaha dari apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di sekitar Anda. Apa kebutuhan mereka yang bisa Anda jadikan ide bisnis Anda dengan memberikan inovasi dan kreativitas dari produk yang ada sebelumnya. Buatlah produk yang mempunyai keungggulan, nilai tambah dan keunikan dari produk sejenis yang sudah ada.

3.       Aktif dalam kegiatan kampus dan organisasi

Dengan aktif dalam organisasi kampus, Anda akan memperoleh kesempatan untuk belajar mengelola organisasi dan belajar kepemimpinan serta mengasah ide-ide cemerlang Anda. Sehingga pengalaman di organisasi tersebut dapat anda terapkan nanti di perusahaan yang akan Anda kelola dan pimpin. Dan dengan pengalaman di organisasi itu pun akan banyak ide-ide bisnis baru yang akan Anda ciptakan. Selain itu dengan mengikuti kegiatan kampus maka Anda akan memperoleh peluang bisnis yang Anda bisa tawarkan untuk kegiatan tersebut.

4.       Selalu belajar

Sebagai pebisnis pemula, Anda sangat perlu untuk terus memperbanyak ilmu. Belajarlah dari para mahasiswa yang sudah berhasil menjadi pebisnis. Pelajari perjalanan bisnis mereka dari buku-buku, majalah, internet, forum dan jika perlu temui mereka agar anda termotivasi dengan inspirasi yang diberikan mereka. Selain itu, meskipun Anda berbisnis tetaplah untuk menyelesaikan kuliah Anda walaupun anda sudah memulai bisnis Anda yang sesuai dengan harapan Anda. Ilmu dan keberhasilan Anda di bangku kuliah akan membantu banyak dalam mengembangkan bisnis Anda kelak

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme