tips mencuci sajadah

tips mencuci sajadah

Sajadah merupakan peralatan sholat yang hampir tidak pernah ketinggalan ketika kita menjalankan ibadah sholat. Saat ini banyak berbagai jenis bahan untuk pembuatan sajadah. Akan tetapi, tidak semuanya dapat dirawat atau dicuci dengan mudah. Jika tidak dirawat dan dicuci secara tepat akan merusak permukaan sajadah  itu sendiri. Tak jarang pula ketika kita mencuci sajadah  warnanya luntur dan menodai warna pakaian lain. Pastinya Fresher tidak mau kan kalau sajadah kesayangan menjadi rusak dan luntur.
Berikut ini Mr.Fresh mempunyai tips mencuci sajadah.

1.  Sebelum mencuci sajadah pastikan Fresher mengetahui bahan dari sajadah yang akan dicuci, biasanya ada bahan sajadah yang tidak dapat dicuci dengan air. Untuk mengetahuinya dapat dilihat pada label sajadah. Biasanya tertera apakah boleh dicuci menggunakan air atau hanya boleh dicuci dengan dry clean.

2.  Siapkan perlengkapan yang digunakan untuk mencuci sajadah. Ada beberapa bahan atau alat yang dapat digunakan untuk membersihkan sajadah. Diantaranya yaitu:
–  Kertas tisu atau paper towel
–  Cuka
–  Vacuum Cleaner
–  Baking soda
–  Detergent dan pewangi pakaian

Fresher dapat menggunakan salah satu alternatif dari bahan dan alat di atas. Hindari pemakaian mesin cuci dalam mencuci sajadah. Karena pemakaian mesin cuci dapat merusak serat serat kain pada sajadah.

3.  Gunakan kertas tisu atau paper towel untuk membersihkan noda seperti tumpahan dengan segera untuk menghindari noda membandel.

4.  Jika hanya ingin menghilangkan bau tanpa mencuci sajadah tersebut, Fresher dapat menggunakan baking  soda. Taburkan baking soda ke sajadah. Tunggu kurang lebih satu jam dan bersihkan menggunakan vacuum cleaner.

5.  Untuk sajadah dengan bahan sutera, gunakan campuran larutan cuka dan air untuk membasahi permukaan sajadah sutera.  Gunakan kain kering yang bersih untuk menyeka bagian bawah sajadah sutera dan menyerap kelembapan. Sifat asam cuka akan membantu untuk menghilangkan bau dan kuman.

6.  Apabila bahan sajadah boleh dicuci dengan air, maka siapkan rendaman detergen penghilang noda. Bilas terlebih dahulu sajadah dengan air bersih. Gosok bagian yang terkena noda atau kotor dengan rendaman detergent. Hindari menghilangkan noda dengan menyikat sajadah, karena dapat merusak permukaan sajadah. Jika Fresher menggunakan sikat, maka sikat lah searah dengan serat kain.

7.  Rendam sajadah dengan shampoo atau sabun yang berformula ringan seperti sabun bayi. Hal ini digunakan agar sajadah tidak luntur.

8.  Selanjutnya bilas sajadah dengan air sampai bersih hingga tidak ada busa sabun yang menempel. Fresher  juga dapat menambahkan pewangi pakaian pada bilasan terakhir.

9.  Gulung  sajadah untuk mengurangi air pada serat serat kain,  usahakan tidak memeras secara berlebihan agar sajadah tidak berkerut dan rusak.

10. Terakhir, jemur sajadah dengan menjepit ujung ujung sajadah dan disarankan agar  tidak menjemur sajadah dibawah matahari terik karena dapat merusak partikel warna pada sajadah.

Nah itulah tips mencuci sajadah dari Mr.Fresh. Mudah kan? Dengan peralatan sholat yang bersih dan wangi semoga dapat menambah kenyamanan dan kekhusyukan kita dalam menjalankan ibadah sholat.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme