Hampir semua perempuan menyukai pakaian bermotif Tie Dye. Hal ini disebabkan karena motif Tie Dye berwarna cerah seperti pelangi, sehingga nampak cantik bila digunakan pada pakaian wanita, mulai dari model blouse, rok, T-shirt, bahkan dress. Sejarah Tie Dye berawal dari Amerika, dimana motif ini menjadi icon bagi kaum hippie. Namun jangan salah, ternyata di semua negara memiliki motif bahan seperti ini, hanya saja namanya yang berbeda. Di Indonesia dikenal dengan istilah batik jumputan dan di Kalimantan dikenal dengan nama sasirangan.

Bagi pecinta dan kolektor pakaian bermotif Tie Dye atau batik jumputan sangat penting mengetahui treatment dan cara – cara pencucian yang membutuhkan perhatian khusus. Untuk itu kami akan share beberapa tipsnya:

  1. Pisahkan pakaian bermotif Tie Dye atau batik jumputan dengan pakaian – pakaian yang lainnya.
  2. Hindari mencuci dengan mesin cuci karena lebih baik menggunakan tehnik mencuci dengan tangan.
  3. Rendam pakaian dengan air dingin normal kira – kira selama 15 – 30 menit. Jangan sekali – sekali merendam dengan air panas karena akan membuat warna menjadi pudar.
  4. Untuk menjaga kualitas warna dan bahan, saat mencuci gunakan lerak yang biasa untuk mencuci kain batik.
  5. Lalu celup – celupkan baju. Jangan mengucek apalagi menyikat karena kan merusak serat pakaian dan warna.
  6. Untuk bagian yang kotor cukup digosok – gosok dengan jari, terutama pada bagian kerah.
  7. Setelah dicuci, bilas pakaian dengan cara dicelup – celupkan seperti mencuci pakaian batik tulis.
  8. Setelah dibilas, angkat pakaian. Serap airnya dengan handuk bersih dan kering karena dilarang keras untuk memeras karena dapat merusak serat kain dan merubah bentuknya.
  9. Terakhir, jemur pakaian dengan hanger dan cukup diangin – anginkan. Jangan menjemur dengan tali jemuran dan di bawah sinar matahari langsung mengingat bahwa warna pakaian motif tersebut akan mudah pudar dan serat kain dapat rusak oleh tali jemuran.

Silakan mencoba tips dari kami!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme