Tips Menentukan Bisnis Yang Sesuai dengan Modal Kecil

Seringkali keterbatasan modal menjadi kendala utama bagi seseorang untuk memulai bisnis. Namun itu bukan berarti modal harus menghalangi niatan Anda untuk memulai bisnis sendiri. Sekalipun Anda memiliki modal yang kecil Anda tetap dapat merintis bisnis yang nantinya akan memberikan keuntungan berlipat bagi Anda. Berikut beberapa triknya

1. Mencari ide usaha tanpa modal

Membangun usaha tanpa modal bukanlah hal yang mustahil. Anda dapat memulai bisnis Anda dengan menjadi reseller atau dropshiper, dimana Anda hanya bertindak sebagai distributor suatu produk. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, Anda dapat memanfaatkan gadget Anda untuk melakukan promosi secara online. Dengan demikian, calon konsumen dapat dengan mudah memperoleh informasi seputar produk yang Anda jual, dan ketika melakukan pemesanan Anda tinggal meneruskannya saja kepada produsen produk tersebut.

2. Mulailah dari modal yang Anda miliki

Jika Anda memiliki modal yang minim, Anda tetap dapat mengoptimalkan modal yang Anda miliki untuk memulai bisnis. Jangan menunda atau menunggu hingga modal Anda terkumpul banyak, selama Anda dapat mengelola dengan baik dan mengoptimalkan modal yang Anda miliki, berapapun itu, hal tersebut sudah cukup. Selain itu manfaatkan peralatan seadanya. Ketika hendak merintis sebuah usaha, tak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus baru dan serba canggih. Untuk menyiasati minimnya modal, Anda bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang ada di rumah Anda. Contohnya saja seperti memanfaatkan garasi atau teras rumah sebagai lokasi usaha, atau bisa juga memanfaatkan perabot di dapur sebagai alat produksi.

3. Memanfaatkan sarana promosi gratis

Sekalipun Anda memiliki modal yang terbatas, namun Anda harus tetap memperhatikan strategi pemasaran usaha. Sebab, tanpa pemasaran dipastikan bisnis Anda tak bisa berjalan dengan baik. Untuk menyiasati modal yang terbatas Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi saat ini, dimana banyak sekali website yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi gratis. Anda dapat menggunakan social media, blog ataupun website marketplace untuk memasarkan produk Anda secara gratis.

4. Membelanjakan modal dengan bijak

Mengingat modal usaha yang Anda miliki sangat terbatas, maka sebaiknya belanjakan modal Anda dengan bijak. Hindari pembelian barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Buatlah rencana belanja dengan bijak agar tak salah langkah dalam mengelola modal usaha.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme