Kegunaan smartphone yang semakin beragam membuat siapa saja tak bisa lepas dari gadget yang satu ini. Apakah kamu salah satunya Fresher? Padahal terlalu lama berkutat dengan gadget bukannya tidak membawa dampak buruk.

Efek seperti nyeri di tangan, mata lelah ataupun efek radiasi bisa mengintai siapa saja. Kali ini Mr.Fresh rangkum beberapa informasi efek menggunakan smartphone terlalu lama dan juga tips pencegahannya.

1. Nyeri di Tangan
Terlalu lama berkutat dengan gadget bisa menyebabkan nyeri di jari tangan, rasa panas, kesemutan atau pun tangan terasa kebas,. Ini merupakan gejala-gejala dari sindrom carpal tunnel.

Dikutip dari health.kompas.com, seorang dokter dari Korea Selatan bernama Sung Chang-hoon menyatakan sindrom carpal tunnel terjadi ketika saraf medianus, yang berada dari lengan bawah ke tangan, tertekan di pergelangan tangan. Saraf medianus mengontrol sensasi ke arah sisi telapak tangan tempat jempol dan jari tangan di telapak tangan, sama seperti dorongan ke beberapa otot kecil di tangan yang memungkinkan jari-jari dan ibu jari untuk bergerak.

Menurut ahli, penyakit ini tiga kali lebih beresiko menyerang wanita karena daerah carpal tunner wanita biasanya lebih sempit dibanding milik pria. Jika Fresher merasakan jari telunjuk menjadi mati rasa setelah asyik dengan gadget maka kamu perlu waspada.

Untuk mencegahnya, disarankan agar pengguna smartphone tidak menekuk pergelangan tangan ke belakang untuk waktu yang lama. Selain itu gunakan jari yang berbeda, selain jari telunjuk, ketika mengetik di keypad ponsel. Jika Fresher merasakan mati rasa atau pembengkakan di tangan maka berhentilah menggunakan telepon dan merilekskan tangan Anda dalam air hangat selama lima sampai 10 menit.

Sindrom lain yang bisa menyerang pengguna handphone adalah Text claw merupakan istilah non medis untuk menggambarkan kondisi jari yang kram dan nyeri otot akibat terlalu sering mengirim SMS atau pesan singkat lain serta bermain game di smartphone. Sementara itu, Cell Phone Elbow merupakan kondisi kesemutan atau mati rasa di sela-sela jari akibat menekuk siku terlalu lama.

Untuk meminimalisasi kondisi ini, lakukanlah peregangan setiap kali menggunakan telepon agak lama. Coba tekuk pergelangan tangan ke depan dan belakang dengan meluruskan lengan. Kemudian kepalkan jari-jari tangan beberapa kali. Hal terpenting lainnya, istirahatlah sejenak menggunakan smartphone.

2.Terbakar & Meledak
Hindari mengisi ulang daya handphone terlalu lama atau bahkan ditinggal tidur. Ditakutkan jika terlau lama diisi daya ponsel akan menjadi panas dan bisa menyebabkan terjadinya korsleting meledak hingga terbakar. Hindarkan juga menggunakan handphone saat diisi daya selain dapat membuat pengisian tidak efisien juga bisa membahayakan diri.

3. Menyebabkan sakit kepala dan penyakit lainnya
Salah satu yang dapat mengganggu kesehatan adalah radiasi ponsel. Radiasi ponsel bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah. Yang paling parah adalah dapat memicu seperti tumor atau kanker. Oleh karena itu sebaiknya gunakan handphone untuk berbicara jangan terlalu lama, jangan letakkan handphone di tempat tidur.

4.Mengganggu kesuburan
Dalam suatu penelitian, diketahui bahwa pria yang membawa telepon selulernya di dalam saku celana cenderung memiliki jumlah sperma 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan kelompok pria lain yang tidak menyimpan ponselnya di saku celana. Setiap bagian dari tubuh menyerap radiasi pada intensitas yang berbeda, dan jaringan testikular kemungkinan juga lebih mudah diserang. Jadi jangan kantungi handphone jika tak ingin terkena bahaya radiasinya.

5.Computer Vision Syndrom
Menatap layar kecil dilengkapi dengan huruf berukuran ‘mini’ bisa menyebabkan kelelahan pada mata, penglihatan kabur, pusing, dan mata kering. Selain itu, penglihatan kabur dan otot leher yang sakit juga bisa memicu sakit kepala.

Jika mata Fresher terasa tidak nyaman, ubah ukuran font di gadget lebih besar. Jaga jarak pandang ke gadget kurang lebih 30 cm dan sesekali berpalinglah dari layar gadget dan pandang sesuatu yang jauh untuk peregangan. Jangan lupa untuk berkedip.

Itu tadi adalah beberapa dampak penggunaan handphone yang terlalu lama dan salah. Jangan sampai gadget kesayangan kita memberi dampak buruk bagi kesehatan ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme