Tips Mengusir Binatang Pengganggu

Weekend ini berencana bersih-bersih rumah Fresher? Ada baiknya cek artikel berikut mengenai tips mengusir binatang pengganggu seperti tikus dan kecoa. Jadikan rumah kamu benar-benar terjaga kebersihan dan kesehatannya.

1. Jaga Kebersihan dan Kerapihan
Hal paling dasar yang harus diperhatikan agar binatang pengganggu tidak menjajah rumah Fresher. Pastikan tidak ada tumpukan cucian baju, tumpukan cucian piring, sampah berserakan, air menggenang dan kebersihan dasar lainnya. Biasanya kecoak dan tikus akan datang ke rumah yang kotor, tidak rapi dan lembab. Jika mereka sudah senang dengan rumah Fresher sudah pasti mereka akan tinggal dan juga berkembang biak disana. Eeew!

2. Jangan menumpuk barang!
Pastikan tidak terlalu banyak barang menumpuk di rumah karena tumpukan tersebut otomatis akan sulit Fresher bersihkan sehingga menjadi hunian nyaman bagi mereka.

3. Simpan Makanan
Jika ada makanan sisa atau bahan makanan yang belum diolah maka simpanlah di tempat tertutup atau masukkan dalam lemari es. Jangan sampai bau makanan atau sayuran tersebut mengundang kecoak dan tikus berdatangan.

4. Periksa Kondisi Rumah
Periksa setiap sudut, jangan biarkan ada lubang atau bagian yang rusak di dalam atau luar rumah yang dibiarkan terbuka. Bahkan lubang seperti ventilasi AC, pipa pembuangan air atau wastafel. Lubang semacam itu menjadi tempat favorit tikus dan kecoa berlalu lalang. Bahkan tikus terkenal akan kemampuannya menyesuaikan ukuran badan dengan lubang seukuran pensil. Anda bisa mencegah tikus atau kecoa masuk dengan menutupi lubang-lubang tersebut dengan jaring-jaring kawat yang agak rapat. Air masih bisa mengalir tetapi tidak ada kecoa dan tikus yang bisa melaluinya.

5. Kelola Sampah dengan Baik
Pastikan untuk menggunakan tempat sampah yang memiliki tutup di atasnya. Ketika kamu memilih tempat sampah seperti ini, kamu akan terhindar dari kedatangan kecoak. Pastikan juga Fresher secara rutin membuang tumpukan sampah yang ada di rumah kamu.

6. Anti Kecoa
Dikutip dari makassar.tribunnews.com kamu bisa mencoba beberapa ‘ramuan’ yang bisa mengusir kecoa dari rumah.
1.Kecoa bisa diusir dengan menggunakan kapur hama. Cara lain adalah dengan menggunakan daun salam segar yang masih berwarna hijau. Iris dan taburkan daun salam pada tempat yang sering dilalui kecoa.
2.Coba gunakan merica butir yang dihaluskan, tempatkan dalam kain kasa, ikat dengan karet gelang dan buat beberapa buah, lalu letakkan di tempat-tempat yang menjadi sarang atau sering dilalui kecoa.
3.Potongan mentimun yang dimasukkan ke dalam kaleng aluminium kosong juga dapat menciptakan bau yang dapat membunuh kecoa.
4. Campuran baking soda dan gula yang diletakkan dalam mangkuk dan taburkan di dekat daerah yang dilalui kecoa juga bisa membuat kecoa mati.

5. Anti Tikus
Selain menggunakan lem tikus atau perangkap tikus Fresher juga bisa mengikuti tips dari makassar.tribunnews.com untuk mengusir tikus dari rumah.
Caranya adalah dengan memotong-motong buah mengkudu yang sudah masak, letakkan di dalam beberapa wadah lalu tempatkan di sudut-sudut yang sering dilalui tikus atau tempat yang menjadi sarang tikus.
Selain itu, memelihara binatang seperti jangkrik, kucing atau ular bisa menjadi alternatif cara mengusir tikus. Aroma kucing betina serta kotorannya bisa membuat tikus malas masuk ke dalam rumah Anda. Kulit ular dan suara jangkrik juga memiliki efek yang sama.

Yuk yuk Fresher buat rumah kamu bersih dan terhindar dari tikus dan kecoa pengganggu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme