tips menjadi pengusaha

Tips Menjadi Pengusaha No. 1, Muda dan Sukses, Siapa yang tak ingin menjadi pengusaha? Berwirausaha dan memegang kendali sendiri pada pekerjaaanya merupakan impian bagi setiap orang. Bagaimana tidak? Dengan memiliki usaha sendiri berarti kita dapat mengendalikan dan mengatur bisnis kita dengan jerih payah kita sendiri. Itu tentunya akan melatih mental dan strategi berwirausaha yang kita miliki. Berikut Mr. Fresh akan memberikan 5 tips memulai usaha kecil Fresher agar menjadi pengusaha sukses.

1. Lebih Realistis.
Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang Fresher kehendaki, lalu pelajari. Setiap orang pasti punya idola bukan? Bila Fresher tak dapat menemukan, entah Fresher yang luar biasa jenius, atau model bisnis Fresher tidak bakal berhasil di dunia nyata.

2. Jangan menginvestasikan uang sendiri.
Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, Fresher tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang. Usahakan mencari partner yang benar – benar serius dengan bidang yang tengah Fresher
geluti.

3. Perbudak diri sendiri.
Jika Fresher tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Fresher. Pada awalnya, Fresher pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan Fresher, adalah Fresher sendiri. Bersiaplah untuk tantangan baru.

4. Hargai waktu.
Beri nilai uang pada waktu Fresher. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi. Jadi, jangan pelit terhadap diri sendiri.

5. Rekrut karyawan dengan baik. Tanpa memedulikan ukuran usaha Fresher, pada akhirnya Fresher akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat Fresher memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

Demikianlah beberapa tips dari Mr. Fresh untuk Fresher dimanapun berada. Selamat mencoba 🙂
Lalu, siapkah Fresher menjadi pebisnis no.1?

 

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme