Tips Menjaga Ingatan Anda Tetap Tajam

Tips Menjaga Ingatan Anda Tetap Tajam

Tips Menjaga Ingatan Anda Tetap Tajam

Sobat Fresher, anda terkadang sering melupakan hal-hal yang sangat penting seperti pergi tanpa membawa kunci ataupun dompet? Atau mungkin anda lupa mengambil nota atau uang kembalian anda pada saat berbelanja? Atau mungkin lebih parah lagi, anda pulang meninggalkan pasangan anda begitu saja, karena anda lupa bahwa tadi anda pergi bersama pasangan anda.

Yang perlu anda ketahui, bahwa anda tidak sendirian terkadang melakukan hal seperti itu. Terdapat banyak orang di dunia ini yang mengeluh mengalami lupa ingatan dini, terdapat juga yang merasa menjadi lupa karena seiring usianya yang terus bertambah.

Menurut laporan terbaru dari Institute of Medicine, Cognitive Aging: Progress in Understanding and Opportunities for Action, bahwa para peneliti menganalisa faktor-faktor pemicu seseorang yang sangat sulit fokus atau mengingat sesuatu hal.

Menurut riset penelitian, faktor pemicunya yaitu gaya hidup yang berlebihan seperti mudah stres dan istirahat yang kurang, serta faktor usia. Usia anda yang semakin bertambah memiliki efek kurang baik terhadap kemampuan mengingat seseorang.

Walaupun usia anda tidak dapat ditahan, kemunduran kemampuan otak yang bersifat degeneratif ternyata dapat ditunda. Untuk melawan faktor-faktor penyebab menurunnya ingatan dan memperlambat efek negatif usia anda terhadap kinerja otak anda, anda hanya cukup melakukan perubahan yang sederhana terhadap pola kebiasaan dan keseharian anda. Seperti :

1. Melakukan olahraga rutin

Para peneliti menemukan adanya hasil penelitian, yaitu dengan anda melakukan aktifitas fisik anda secara rutin merupakan faktor yang paling penting untuk tetap menjaga otak anda supaya tetap sehat. Dengan anda melakukan olahraga rutin yang mampu meningkatkan sel-sel yang perlu diremajakan pada otak yang bertugas sebagai penampung dan pengatur memori seseorang. Olahraga juga diyakini mampu mengurangi stres, meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri.

2. Berhenti merokok

Perokok memiliki tingkat risiko lebih tinggi terkena gangguan kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Pada umumnya, penderita stroke juga mengalami kehilangan memori dan disfungsi kognitif, Laporan penelitian menurut Stroke Association.

3. Mengecek kandungan obat yang anda konsumsi

Berdasarkan laporan Institute of Medicine juga menyimpulkan, bahwa terdapat beberapa obat yang memiliki efek negatif terhadap otak, baik pada saat digunakan sebagai obat primer atau tunggal maupun ketika saat dikombinasi dengan obat yang lainnya.

4. Aktif dalam hal sosial dan intelektual

Menurut studi penelitian dari Harvard Medical School melaporkan, bahwa kegiatan sosial diyakini mampu meningkatkan performa mental, sikap dan kepercayaan diri anda. Hal ini mampu membuat otak anda tetap dapat aktif bekerja. Dan hasilnya, otak anda tetap semakin tajam dalam waktu yang lama.

5. Istirahat cukup

Istirahat yang kurang dapat mengakibatkan penyusutan pada volume otak anda, sedangkan apabila anda istirahat yang cukup dapat meningkatkan kemampuan mengingat, fokus serta konsentrasi anda. Dalam sebuah studi ilmiah menyimpulkan bahwa, orang dewasa yang istirahat cukup maka terbukti mempunyai kemampuan mental yang lebih baik dibandingkan dengan yang istirahat kurang tersebut.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar tips menjaga ingatan anda tetap tajam, semoga bermanfaat. Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme