Tips Merawat Kebaya

Musim nikahan sudah mulai datang, beberapa Fresher juga sudah dapat undangan pernikahan dari beberapa kerabat dan teman dekat ya..  Jadi inget.. koleksi kebaya apa kabarnya? Cuma dianganggurin di pojokan lemari. Lihat sayang, dipakai kok sudah mulai berubah warna ya.. Nah mungkin Fresher salah dalam merawatnya. Biar ga tambah salah yuk cek tips merawat kebaya berikut ini :

cara merawat kebaya berpayet, cara merawat kebaya brokat, cara merawat kebaya pengantin.

1.Jangan terlalu sering mencuci kebaya anda jika tidak terlalu kotor.Anda cukup menjemur kebaya Anda tanpa perlu mencucinya terlebih dahulu.

2. Kalau Anda ingin mencuci kebaya maka perhatikan bahan dasar kebaya tersebut. Ingat salah satu bahan kebaya yang perlu perawatan ekstra adalah kebaya yang berbahan tile.

3. Jangan mencuci kebaya dengan menggunakan mesin. Lebih baik anda membersihkannya dengan di dry clean. Tetapi jika anda ingin mencucinya sendiri di rumah maka gunakanlah detergen yang tidak mengandung pemutih.

4. Jika mencuci dengan tangan anda tidak perlu menyikatnya terlebih jika ada bagian kebaya yang berpayet. Lebih baik anda mengucek bagian kebaya yang terlihat kotor jika tidak ada maka cukup rendam dengan detergen lembut. Perhatikan waktu perendaman kebaya anda, 10 menit adalah waktu yang cukup.

5. Anda juga tidak perlu memeras kebaya pada saat proses pembilasan. Pastikan saja sisa detergen sudah hilang dari kebaya anda dengan membilas kebaya berkali-kali menggunakan air bersih.

6. Pada saat proses menjemur hindari kebaya terkena sinar matahari langsung. Jemurlah kebaya di tempat yang teduh agar warna kebaya anda tidak cepat memudar jika terlalu panas terkena sinar matahari.

7. Untuk proses penyimpanan kebaya sebaiknya dilakukan dengan cara dilipat. Hindari menggantung kebaya terlebih untuk bahan yang bersifat elastis. Untuk kebaya yang menggunakan banyak payet ada baiknya disimpan dalam wadah atau kain penyimpanan agar payet kebaya tidak menempel di pakaian lain yang bisa menyebabkan payetnya menjadi rusak.

8. Jangan gunakan kamper atau kapur barus untuk penyimpanan kebaya anda karena dikhawatirkan dapat merusak kain kebaya anda.

9. Kebaya resmi yang jarang digunakan ada baiknya anda secara rutin mengeluarkannya dari dalam lemari untuk diangin-anginkan sebentar. Lakukanlah hal tersebut paling tidak sebulan sekali.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme