merawat bahan linen

Tips dari Simply Fresh, Usaha Laundry dan Laundry Kiloan _ Kemeja, celana, dan gaun adalah pilihan yang sempurna untuk dipakai selama musim kemarau. Serat rami alami yang jadi bahan utamanya, mampu mengunci kelembapan di kulit para pemakainya. Walau enak digunakan, penggemar kain linen tidak sebanyak katun, karena rumitnya perawatan yang harus dilakukan.

Linen adalah salah satu jenis tekstil tertua dan termahal di dunia, kain tenun linen dibuat dari serat tanaman rami, Yuk ikuti tips laundry mudah dan sederhana ini untuk merawat pakaian linen.

Pakai Lebih Sering

Semakin sering linen dikenakan dan dicuci, teksturnya jadi lebih lembut dan mengikuti lekuk tubuh. Kebanyakan kain linen akan menyusut sedikit saat dicuci, sehingga perhatikan betul-betul petunjuk di label pakaian. Jika memang mencantumkan dry clean, lakukan untuk menjaga bentuk pakaian dari risiko menyusut dan cacat.

Hindari Pengering Pakaian

Setelah linen dikeluarkan dari mesin cuci, kibaskan beberapa kali untuk menghilangkan kerutan. Lanjutkan dengan menggantungnya pada gantungan baju yang empuk, atau biarkan kering secara alami dengan meletakkannya di atas selembar kain handuk. Sementara kain masih basah, tarik perlahan jahitannya dan semua area yang terlihat kusut supaya kembali halus.

Baca Juga : Tips Mengatur Suhu Setrika

Gunakan Steamer

Cara terbaik untuk mengeringkannya adalah meletakkannya di tempat yang datar beralas kain handuk bersih. Gunakan bantuan gantungan baju empuk untuk menjaga bentuk dan menjauhkan dari kusut.

Hindari Penggunaan Pemutih

Menggunakan steamer memang tidak menjamin mendapatkan hasil pakaian yang sangat rapi, tapi jika digunakan dengan tepat akan menghilangkan kusut dan keriput berat. Jika memiliki dana lebih, nggak ada salahnya lho berinvestasi pada alat ini.

Hindari Melipat Pakaian Linen

Kondisi terbaik untuk menyimpan koleksi pakaian linen adalah dengan menggantungnya di lemari yang cukup besar. Cara ini dapat mencegah kerutan dengan lebih efektif. Jangan lupa gunakan gantungan baju yang cukup kokoh untuk menopang berat pakaian, misalnya gantungan dari plastik tebal atau kayu.

Semoga tips-tips ini berguna bagi Fresher yang sedang bingung cara merawat pakaian berbahan linen ya. Selamat mencoba untuk Fresher dimanapaun berada 🙂

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme