Trik Mengatasi Persaingan Bisnis

 

Dalam dunia usaha tidak dapat dilepaskan dengan persaingan. Karena dalam satu bidang usaha bisa saja terdapat banyak orang yang menggarap lahan yang sama atau bidang usaha sejenis. Bagi kebanyakan pebisnis, munculnya kompetitor dalam bisnis sejenis dapat menjadi ancaman. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan munculnya pesaing, karena dengan adanya pesaing dalam bisnis yang serupa Anda akan lebih kreatif dan berinovasi dalam bisnis Anda. Berikut beberapa trik untuk mengatasi persaingan dalam bisnis:

1.       Konsep yang jelas

Untuk memulai bisnis, tidak hanya diperlukan ide dan kerja keras saja, namun juga dibutuhkan konsep yang matang. Dengan memiliki konsep bisnis yang jelas, akan sangat membantu dalam mengenali potensi bisnis, pangsa pasar yang dituju dan bisnis akan berjalan lebih maksimal. Dalam menentukan konsep bisnis terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan seperti selera pasar, daya beli masyarakat dan kompetitor yang telah ada.

2.       Perencanaan yang matang

Dalam eksekusi sebuah bisnis diperlukan perencanaan yang matang. Dalam business plan harus dijelaskan visi dan misi perusahaan, rencana pemasaran, rencana keuangan hingga menentukan analisis resiko yang mungkin akan dialami dalam bisnis tersebut, termasuk rencana untuk menghadapi kompetitor.

3.       Mengenali kompetitor

Mencari tahu siapa pesaing dalam bisnis kita adalah salah satu hal yang penting dalam menjalankan bisnis. Cari tahu tentang produknya, berapa harganya, apa kelebihannya, dan sebagainya. Informasi itu sangat bermanfaat untuk menentukan strategis bisnis yang akan dijalankan.

4.       Menjual produk yang berkualitas

Menciptakan produk yang berkualitas menjadi salah satu strategi untuk menghadapi kompetitor. Ciptakan produk terbaik, produk kita harus memiliki kelebihan dibanding produk yang sudah ada di pasaran. Ketika kita memiliki produk yang memiliki kualitas di atas kompetitor maka hal tersebut menjadi nilai lebih dan konsumen pun akan selalu mencari produk kita dibandingkan dengan produk kompetitor

5.       Promosi yang tepat

Aktifitas promosi adalah bagian penting untuk menghadapi pesaing. Promosikan apa yang menjadi kelebihan produk kita. Promosikan melalui berbagai media dan lakukan secara konsisten agar produk kita dikenal oleh masyarakat luas. Buatlah promosi yang lebih gencar dibanding pesaing sehingga konsumen tetap fokus ke layanan dan  produk kita. Pastikan konsumen mengetahui program-program promosi dari produk kita. Gunakan berbagai media promosi untuk menjangkau konsumen lebih banyak, misalnya media offline dan media online.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme