Usia Emas

Melihat perkembangan anak dari waktu ke waktu sungguh menyenangkan bukan? Apalagi saat anak berada dalam masa golden age.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan goden age?

Golder age terjadi selama usia balita (anak di bawah usia 5 tahun), dimana dalam usia seperti ini pekembangan otak anak mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Masa inilah yang disebut dengan golden age atau masa emas. Anak yang berada dalam usia “golden age” tentu memiliki kemampuan menyerap segala informasi 100% dengan baik. Informasi inilah yang nantinya akan memiliki dampak di kemudian hari, sehingga peran orang tua dalam usia ini sangat penting dalam mendidik, mengarahkan, serta mengambangkan potensi serta kecerdasan anak.

Lalu apa saja yang harus dilakukan orang tua di masa emas perkembangan anak?

1. Stimulus
Pola asuh anak merupakan bentuk stimulus yang sangat efektif, karena berpengaruh sekali lho terhadap emosi, pola pikir, serta kepribadian anak. Selain itu orang tua juga bisa memberikan mainan atau bacaan yang berpengaruh terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Melalui mainan atau bacaan anak bisa belajar tentang kosakata baru, managemen waktu, dan cara mengatasi konflik. Mengajak anak bersosialisai dengna lingkungan sekitar membuat anak akan terbiasa dan tidak gugup ketika berada di tengah keramaian

2. Nutrisi yang cukup
ASI merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk anak usia 0-6 bulan, karena mengandung gizi yang sangat lengkap bagi anak. Ketika anak sudah mulai mpasi berikan asupan nutrisi yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam komposisi yang seimbang. (diolah dari berbagai sumber)

Anak dalam masa emas merupakan peniru ulung, sehingga orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik dan selalu mendampingi anak di segala aktivitasnya, misalnya ketika anak sedang menonton tivi. Anak dalam usia golden age akan menjadi sangat kritis terhadap apa yang dia lihat dan dia dengar. Jalin komunikasi yang baik sehingga anak akan memiliki kelancaran dalam berkomunikasi

Lalu apa saja yang sudah Fresher lalukan dalam masa golden anak si buah hati?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme