11 Tips Mencegah bau Kaki

Fresher suka terganggu dengan bau kaki yang tidak sedap? Pastinya sangat terganggu ya Fresher apalagi jika sampai tercium oleh orang lain. Pusing cari cara untuk mengatasinya?

Keringat muncul di kaki karena aktivitas kita sehari-hari. Keringat juga berlebih bisa muncul karena panas, melakukan olahraga juga karena stres. Pada bagian-bagian tubuh lain, keringat mudah menguap karena lokasinya yang langsung berhubungan dengan udara luar. Sedangkan pada kaki, keringat terperangkap di antara jari-jari di dalam kaus kaki dan sepatu.

Bakteri-bakteri pada kulit yang memakan keringat kita melepaskan bau tidak sedap yang menyebabkan kaki bau (bromodosis). Sebalnya lagi bau kaki tetap tertinggal di dalam sepatu meskipun kita telah melepasnya dan bau tersebut bisa jadi menempel lagi di kaki kita saat mengenakan sepatu tersebut.

Kali ini Mr.Fresh akan berikan beberapa tips n trik mencegah dan merawat kaki agar tidak menimbulkan bau tidak sedap. Berikut informasinya:

1.Cuci kaki dan keringkan secara sempurna sebelum tidur dan setelah bepergian mengenakan sepatu.

2.Ganti kaus kaki setiap hari dan lebih baik menggunakan kaus kaki dari bahan katun atau wol yang dapat menyerap keringat dari kaki anda.

3.Hindari menggunakan sepatu yang sama setiap hari. Sepatu anda juga perlu beristirahat dengan cara mendapatkan sinar matahari serta diangin-anginkan. Hal ini tentu saja untuk membuang bau kaki yang terdapat di sepatu.

4.Lebih baik jika anda bisa menggunakan sepatu dari material yang tidak terlalu rapat atau material yang bisa bernapas seperti kanvas atau kulit. Penggunaan sepatu dengan model yang tidak tertutup sepenuhnya seperti selop juga bermanfaat untuk memberi kesempatan kaki anda mendapat udara segar.

5.Untuk mencegah kaki berbau anda bisa menggunakan antiperspirant untuk kaki. Antiperspirant adalah bahan kosmetik yang berbentuk krim layaknya dipakai untuk membersihkan wajah, tetapi ini difungsikan khusus untuk penggunaan pada kaki. Anda juga bisa mengelap jari-jari kaki dengan cairan antiseptik setelah mandi dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum memakai kaus kaki atau sepatu.

6.Jika kaki sudah terlanjur berbau anda bisa coba merendam kaki dengan air teh. Kandungan tannin yang ada didalam daun teh berkhasiat sebagai penetralisir dan antioksidan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif terapi untuk menghilangkan bau kaki menyengat.

7.Fresher juga bisa merendam kaki dalam air perasan jeruk lemon. Jeruk lemon yang kaya akan kandungan asam nitrat untuk menetralkan kondisi keasaman kulit di area kaki. Caranya siapkan baskom berisi air secukupnya kemudian campurkan dengan perasan air jeruk lemon. Terapi cukup dilakukan seminggu sekali dengan durasi waktu selama kurang lebih 30 menit.

8.Baking soda juga bermanfaat untuk meminimalisir jumlah bakteri yang menyebabkan bau yang dihasilkan pada kaki. Cobalah untuk merendam kaki sejenak pada air yang telah tercampur oleh baking soda. Baking soda dapat dimanfaatkan untuk menyerap bau yang tidak disukai oleh indra penciuman kita.

9.Bubuk kopi juga bermanfaat dalam menetralisir bau termasuk bau kaki yang tidak sedap. Aplikasi penggunaannya bisa ditaruh didalam tissue kemudian di letakkan di dalam sepatu. Untuk penggunaannya di kaki Fresher bisa langsung menaburi bubuk kopi pada kaki Anda secara merata, diamkan selama beberapa menit kemudian bersihkan.

10.Nah ini juga sangat penting dalam mencegah bau kaku yakni menjaga kebersihan kuku kaki. Kuku yang berwarna hitam dan tak terawat bisa menjadi salah satu penyebab bau pada kaki. Kuku pada jari-jari kaki harus selalu dipotong jika sudah mulai panjang, karena dibawah kuku kaki banyak terdapat kotoran yang memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Itu tadi 11 tips Mencegah Bau Kaki semoga bermanfaat ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme