2017

Apakah Anda sudah menyusun resolusi tahun depan ? Apakah Anda berniat mencari pekerjaan di tahun 2017 ? Sebelum mulai menyusun curriculum vitae, Berikut 3 Industri Paling Prospektif 2017 ? Anda mesti tahu tren industri yang akan berkembang di tahun 2017. Perusahaan apa saja yang siap menerima calon tenaga kerja yang berpotensi seperti Anda? Berikut tiga sektor industri paling prospektif di tahun 2017 menurut Board of Advisor Indonesia Services Dialogue Council (ISD) Mari Elka Pangestu yang dikutip dari Liputan6.com.

E-commerce

Orang Indonesia semakin akrab dengan internet dan sudah mahir menggunakan berbagai aplikasi di telepon seluler. Hal ini meningkatkan pertumbuhan bisnis e-commerce. Banyak perusahaan yang menyediakan layanan belanja online.

Menurut situs Metrotvnews.com, salah satu sektor industri yang ikut berkembang dengan e-commerce adalah financial technology (fintech). Brata Rafly, CEO Dimo Pay mengatakan sekarang semakin banyak pengguna perangkat mobile yang melakukan mobile payment semakin tinggi. Brata memperkirakan pertumbuhan pembayaran mobile di Indonesia mencapai 32,9 persen.

Perkembangan ini mendorong permintaan tenaga ahli di bidang IT. Banyak perusahaan startup yang akan membutuhkan pegawai IT untuk membangun sistem baru. Sementara perusahaan besar berencana mengalihkan sebagian layanan offline ke online.

Selain itu, berdasarkan catatan Kompas.com, pertumbuhan bisnis berbasis daring juga memberi dampak positif ke sektor jasa transportasi dan pergudangan pada tahun depan akan semakin meningkat. Sebab penyedia layanan belanja online membutuhkan layanan kurir dan penyimpanan. Pemerintah memprediksi sektor ini akan tumbuh 7,1 persen. Artinya, perusahaan yang bergerak di sektor ini juga membutuhkan tenaga kerja lebih banyak.

Jasa pariwisata dan travel

Director of Coldwell Banker Commercial Strategic AdvisoryTommy H. Bastami melihat perkembangan ekonomi dunia akan membaik pada 2017. Indonesia juga akan menikmati keuntungan dari kondisi tersebut. Menurut Tommy pada Liputan6.com, para investor akan datang dan butuh akomodasi untuk tempat tinggal. Salah satu tempat tinggal pilihan untuk para pebisnis adalah hotel.

Selain itu, permintaan tingkat hunian hotel juga meningkat seiring perkembangan sektor pariwisata. Menurut Bisnis.com, pemerintah menargetkan sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa terbesar pada 2017. Menteri Pariwisata Arief Yahya akan semakin gencar mempromosikan pariwisata Indonesia dengan strategi branding Wonderful Indonesia. Dengan semakin banyak turis yang datang ke berbagai destinasi wisata di tanah air, maka permintaan hunian hotel juga meningkat.

Berdasarkan prediksi tersebut, para pebisnis melihat masa depan yang cerah di industri pariwisata. Menurut Bisnis.com, Paramount Land melalui anak usaha PT Paramount Enterprise International merencanakan pembangunan lima hotel baru sepanjang 2017 mendatang. Selain itu, beberapa pengusaha hotel lain juga merencanakan hal yang sama.

Berdasarkan catatan Liputan6.com, pariwisata dan travel merupakan salah satu sektor jasa dengan pertumbuhan tertinggi. Kontribusinya mencapai 9,6 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan 8,7 persen terhadap penyerapan tenaga kerja. Menurut laporan World Tourism Council, setiap pembelanjaan US$ 1 miliar untuk pariwisata dan travel dapat mendukung 200 pekerjaan baru. Dengan begitu, maka peluang kerja untuk Anda yang baru lulus sekolah perhotelan sangat luas.

Jasa kesehatan

Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional ternyata telah mendorong pertumbuhan sektor jasa kesehatan. Hari ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mendapat kesempatan mengakses layanan kesehatan. Permintaan layanan kesehatan yang meningkat membuat rumah sakit berencana melakukan ekspansi. Menurut Bisnis.com, PT Siloam International Hospital Tbk saja berencana menambah 30 rumah sakit baru dalam dua tahun. Pada akhir 2017, mereka akan mengoperasikan 50 unit rumah sakit di 25 kota. Data ini belum termasuk ekspansi jaringan rumah sakit yang lain. Selain itu, industri farmasi dan alat kesehatan juga akan berkembang.

Prospek jasa kesehatan yang cerah membuka peluang kerja bagi para tenaga kesehatan. Buat Anda yang telah menempuh pendidikan dokter dan perawat, inilah saat yang tepat untuk mendapat pekerjaan. Mari menyongsong tahun 2017 dengan lebih optimis!
sumber https://goo.gl/6CqDv0

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme