Beragam masalah yang harus dihadapi terkadang membuat kita stres. Salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres kita adalah mencoba untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan hal yang membuat kita rileks. Dengan rileks pikiran kita akan menjadi ringan dan mungkin jalan keluar dari masalah kamu bisa lebih mudah ditemukan.

Seperti dikutip dari vemale.com, top10homeremedies menyebutkan bahwa melakukan hobi yang menyenangkan dapat mengurangi risiko stres. Cari tahu yuk hobi apa saja yang bisa membantu saat kita stress.

Musik
Mendengarkan musik dapat mengurangi penat dan memberikan rasa nyaman dalam tubuh. Mendengarkan musik lembut akan membantu mengurangi tingkat kortisol yang merupakan hormon penyebab stres. Jika Fresher butuh pelampiasan emosi mungkin bisa juga mendengarkan irama musik yang up beat atau rock. Bernyanyilah dengan kencang untuk meluapkan emosi kamu. Setelah itu tenangkan diri Fresher dengan mendengarkan irama musik yang lembut tadi. Dengan begitu kekesalan akan sedikit berkurang dan kemudian hati menjadi tenang.

Berkebun
Apakah Fresher pernah mengamati banyak orang tua kita yang hobi berkebun. Ternyata aktifitas berkebun memberikan ketenangan bagi diri. Berkebun adalah hobi bermanfaat dan dapat berfungsi sebagai penghilang stres. Suara, bau, angin dan sinar matahari dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan mood. Para ilmuwan menunjukkan bahwa bakteri dalam tanah dapat membantu sel-sel otak untuk menghasilkan neurotransmitter serotonin yang bekerja sebagai pereda stres. 

Membaca
Membaca dan menulis adalah hobi yang umum yang digunakan orang untuk bersantai. Sebuah studi yang dilakukan di University of Sussex menunjukkan bahwa membaca dapat menjadi cara terbaik untuk bersantai. Hanya dengan membaca koran atau buku, bahkan hanya 6 menit, dapat mengurangi tingkat stres sampai dengan 68%. Dengan membaca dapat membantu memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan otot.

Menulis
Banyak orang mengatakan jika marah tuliskan apa yang membuat kamu sedikit lega. Emosi Fresher akan tersalurkan pada tulisan tersebut. Menulis dapat Fresher lakukan di jurnal, ambil kertas tulis semua hal yang membuat marah, lalu robek kertas tersebut.

Itu tadi beberapa hobi yang bisa membantu meredakan stres kita. Hobi-hobi yang lain juga mempunyai khasiat yang sama karena bagaimanapun melakukan hobi adalah melakukan hal yang menyenangkan bagi kita. Hal yang menyenangkan itulah yang membantu membuat diri kita menjadi tenang sehingga mampu berpikir jernih. Selamat mencoba ya Fresher ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme