4 Tips Anti Lemas Bekerja Saat Puasa

4 Tips Anti Lemas Bekerja Saat Puasa

Berpuasa menjadikan produktifitas kerja anda menurun ? Apakah penyebabnya karena anda sering kehilangan konsentrasi saat bekerja ? Apakah tubuh juga menjadi lemas saat berpuasa ?

Jangan galau dulu ya Fresher, karena anda bisa melakukan beberapa trik tertentu yang bisa menghindari tubuh menjadi lemas saat berpuasa. Simak 4 Tips Anti Lemas Bekerja Saat Puasa.

1. Pilih menu sahur yang tepat. Di saat sahur, jangan konsumsi terlalu banyak sumber karbohidrat mono seperti gula pasir dan sirop. Lebih baik anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti beras merah, kentang, singkong, jagung, gandum. Karbohidrat kompleks sering disebut sebagi jenis karbohidrat sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah indeks glikemik.

2. Jangan lupa banyak minum air putih pada saat sahur. Sehingga, anda tidak akan kekurangan ion tubuh pada siang hari.  Air putih lebih baik ketimbang teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula memang cepat menghasilkan tambahan energi namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga lebih cepat hilang sehingga tubuh mudah menjadi lemas.

3. Perhatikan waktu tidur anda. Tidur yang cukup bermanfaat untuk menambah energi bagi tubuh. Jika bisa maka majukan waktu tidur malam anda. Anda bisa melakukannya sedikit demi sedikit, misalnya lima belas menit setiap hari. Jika bisa maka anda juga perlu menggunakan waktu istirahat di kantor untuk tidur. Usahakan tidur, setidaknya 15 menit – 30 menit. Agar siklus lengkap tidur Anda tercapai.

4. Jangan makan terburu-buru
Makanlah secara perlahan sebab jika kita mengunyah makanan terlalu cepat kadar gula dalam darah akan terganggu sehingga beberapa jam setelah sahur perut akan menjadi cepat lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, tubuh kurang sempurna dalam menyerap nutrisi sehingga cepat lemas.

Bagaimana Fresher ? Sudahkah anda melakukan tips-tips di atas pada saat anda berpuasa ? Jika belum silahkan dicoba ya, semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme