36

Fresher sering tidak mood dikantor? Kurang bersemangat? Coba cek suasana kantor atau meja kerja kamu. Apakah terlihat sumpek, berantakan? Bisa jadi suasana kantor yang tidak oke tadi membuat suasana kerja tidak bersemangat.

Nah, mungkin sekarang saat yang tepat untuk make over ruangan kamu. Seperti dikutip dari jobsdb.com beberapa trik kecil dapat dilakukan untuk mengubah suasana kantor menjadi lebih produktif dan sehat. Penasaran? Berikut informasinya:
 
1. Si Hijau di Ruangan
Menempatkan tanaman hijau di ruang kerja memberi banyak manfaat, selain menjadi dekorasi, tanaman juga mampu mengurangi stress dan membantu menyembuhkan penyakit-penyakit ringan, seperti batuk, sakit kepala, sampai melembapkan kulit kering. Sebuah studi yang dilakukan Dr. Tina Bringslimark dari Norwegian University of Life Sciences dan Uppsala University di Swedia, terungkap bahwa karyawan yang bekerja di dekat tanaman lebih jarang jatuh sakit.

Pilihan tanaman yang tepat akan mampu menyerap racun yang oleh mesin-mesin di kantor dan menggantikannya dengan oksigen. Dengan demikian si hijau akan menjadi penjaga kualitas udara kantor dan membuatnya lebih bersih dan segar. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan terkenal dengan kemampuan membersihkan udara, seeperti palem bambu, areca palm, atau lidah mertua.

2. Faktor Lighting
Lampu yang terlalu banyak dan terang juga ternyata memiliki pengaruh untuk produktivitas kerja. Pencahayaan natural adalah sumber penerangan terbaik bagi kantor. Sangat baik jika kantor memanfaatkan pencahayaan natural yang masuk dari jendela. Alternatif lain adalah menggunakan lampu yang memiliki cahaya paling mirip cahaya natural. Penelitian menunjukkan bahwa cahaya natural meningkatkan produktivitas dan mengurangi stress, sekaligus mengurangi kelelahan mata.
 
3. Pemilihan Furniture
Saat memilih furnitur untuk kantor, pastikan kenyamanannya saat dipakai. Para ahli telah memperingatkan tentang bahaya duduk terlalu lama. Ketika hal tersebut tak dapat dihindari, lebih baik memilih kursi dengan kenyamanan yang baik dan dapat diatur tingginya. Pilih kursi kantor yang nyaman dan posisikan pada sudut yang tepat.

Tetapi ketika kursi kantor sudah nyaman Fresher juga harus memperhatikan cara kamu duduk ya. Ketika Fresher duduk tegak dengan kaki menapak pada lantai, sebaiknya lengan membentuk sudut 90 derajat saat mengetik untuk menghindari sakit punggung dan lengan. Jangan lupa juga untuk melakukan peregangan dan olahraga ringan di kantor ketika tubuh terasa pegal. Paling tidak setiap 30 menit sekali berdiri dan bergeraklah, ke pantry mungkin atau mengunjungi rekan di meja lain. Hal tersebut bermanfaat untuk mencegah kekakuan tubuh akibat duduk terlalu lama.
 
4. Nyalakan aromaterapi
Aromaterapi telah dikenal dapat membantu menyehatkan psikis dan fisik. Minyak beraroma harum ini memiliki kemampuan mengubah suasana hati, sekaligus meningkatkan konsentrasi dan kesehatan. Aroma tertentu memiliki kegunaan yang berbeda-beda, oleh karena itu pilihlah yang paling cocok untuk ditempatkan di kantor. Jangan sampai membuat suasana tambah lemas karena memilih aroma untuk membantu tidur lelap.
 
5. Take a break
Mengambil waktu sejenak untuk istirahat singkat di tengah hari kerja adalah cara terbaik untuk menyegarkan pikiran.  Bekerja terlalu lama dalam satu tugas yang sama bisa membuat stres, kelelahan, dan hilang fokus. Istirahat terbukti lebih berguna untuk karyawan yang bekerja terus-menerus, karena mengembalikan konsentrasi dan motivasi. Istirahat singkat bisa dilakukan dengan berjalan keluar gedung selama beberapa menit untuk menghirup udara segar.

Suasana yang nyaman menunjang untuk meningkatkan kenyamanan karyawan dan tentu produktivitas dalam bekerja. Karena tentu saja kamu tidak lagi merasa suntuk dan sumpek. Jadi tunggu apa lagi? Selamat mencoba Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme