5 Cara Mengajarkan Anak Cinta

5 Cara Mengajarkan Anak Cinta

Cinta dengan cinta dan kasih sayang membuat kehidupan manusia penuh dengan keindahan. Cinta dapat dirasakan oleh siapa saja dan kepada siapa saja dari umur berapapun juga, termasuk anak-anak.

Disebutkan oleh Dr. Elizabeth Seeley-Wait seorang psikologi anak di Sydney bahwa sebenarnya orang tua bisa membantu anak-anak mereka memahami cinta di usia muda. Hal tersebut dapat bermanfaat bagi anak-anak untuk bisa beradaptasi dengan permasalahan cinta yang akan mereka hadapi kelak.

Nah, kali ini Mr.Fresh akan membagikan beberapa cara yang tepat untuk mengajarkan cinta pada anak-anak sebagaimana dilansir jpnn.com dan fabelio.com. Berikut informasinya.

1. Tindakan yang menunjukan kasih sayang
Mewujudkan cinta dan kasih sayang dalam bentuk tindakan akan lebih besar artinya dibandingkan dalam bentuk ucapan. Sebaiknya anda menunjukkan implementasi dari rasa cinta kepada anak-anak. Misalnya melalui pelukan, belaian, atau mencium mereka serta suami/istri anda dalam batas wajar.

2. Jangan lupa juga untuk mengucapkan
Jika tindakan harus dilakukan maka mengutarakan ungkapan cinta dan kasih sayang juga harus anda lakukan. Anda dapat mengucapkan hal seperti ‘Ayah/Ibu sayang padamu’ di sela-sela kesibukan Anda. Anda juga harus memberikan pujian kepada anak jika mereka melakukan hal baik dan positif. Contohkan pada anak anda bahwa mengungkapkan perasaan sayang pada satu sama lain merupakan hal biasa yang menyenangkan.

3. Lakukan secara rutin
Menunjukan kasih sayang tidak harus dalam event tertentu. Setiap aktifitas dalam keseharian bisa selalu diselipi oleh ungkapan kasih sayang. Sebagai contoh pelukan setiap anda akan berangkat dan pulang kerja, menuliskan catatan kecil di bekal makanan milik anak anda, menuliskan catatan di dekat tempat tidurnya jika anak anda belum bangun saat anda berangkat kerja. Dengan rutinitas kecil seperti ini, anak-anak dapat belajar artinya mengungkapkan rasa cinta kasih mereka pada orang-orang sekitar.

4. Berbicara tentang cinta
Berbicara tentang cinta terkadang menjadi hal yang tabu dalam keluarga padahal tidak selalu demikian. Bukalah topik pembicaraan santai tentang cinta dengan anak anda. Akan lebih baik jika anda dapat membuat anak berbicara mengenai hubungannya dengan orang lain terutama lawan jenis. Hal ini juga bisa menjadi pembelajaran awal bagi anak anda. Jangan terlalu memaksakan pendapat anda dan dengarkan apa yang dipikirkan anak ketika mereka bicara tentang cinta.

5. Beri tahu kebaikan dan keburukan dalam sebuah hubungan
Ketika anda tengah berdebat dengan suami/istri, tidak ada salahnya Anda membiarkan anak melihatnya, termasuk ketika Anda sudah berbaikan. Dengan begitu, anak akan tahu bahwa ada suka dan duka dalam sebuah hubungan.

Itu tadi 5 Cara Mengajarkan Anak Cinta yang berhasil Mr.Fresh rangkum, apakah Fresher memiliki cara lainnya?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme