Anda Bau Badan Karena Bakteri ?

Anda Bau Badan Karena Bakteri ?

Bau tubuh bisa dialami oleh siapa saja dan paling mungkin terjadi setelah Fresher melakukan aktifitas yang berat seperti olahraga. Coba Fresher perhatikan apakah usai berolahraga membuat tubuh anda mengeluarkan bau tajam?

Disebutkan dari sebuah penelitian di Belgia bahwa ternyata apa yang kita kenakan bisa memengaruhi bau yang dikeluarkan oleh tubuh kita. Hasil tersebut di dapat setelah peneliti melakukan pengujian terhadap para pesepeda yang menggunakan kaos bahan katun, sintetis (polister) dan gabungan sintentis-katun.

Para peserta penelitian diminta untuk berolahraga selama satu jam. Setelah itu, masing-masing kaos yang sudah dikenakan disimpan dalam plastik selama 28 jam. Kemudian para peneliti melakukan tes penciuman terhadap ketiga bahan kaos tersebut. Hasilnya kaos bahan sintetis alias polister memiliki bau yang tidak menyenangkan, sangat berkeringat, dan asam dibandingkan jenis bahan lain.

Selain itu, bahan polister menunjukkan angka pertumbuhan yang cukup tinggi dari bakteri yang menghasilkan bau. Bakteri tersebut disebut micrococci. Disebutkan dalam majalah Men’s Health bahwa bakteri Micrococci mengubah homron dan asam amino dalam keringat menjadi senyawa bau.

Chris Callewaert dari Ghent University, Belgia, yang terlibat dalam studi ini mengatakan bakteri penyebab bau yang utama pada pakaian adalah micrococcus. Bakteri ini dikenal memiliki potensi enzimatik yang bisa mengubah asam lemak rantai panjang, hormon, dan asam amino menjadi lebih kecil, dan mudah menguap. Karena itu bisa menimbulkan bau tak sedap yang khas. Hebatnya lagi, bau yang dikeluarkan oleh micrococcis akan tetap bertahan hingga esok hari meskipun Fresher langsung mengganti pakaian tersebut setelah berolahraga. Hal ini karena beberapa senyawa bau dan bakteri cenderung tetap ada dan melekat di pakaian.

Nah, apakah Anda Bau Badan Karena Bakteri ? kali ini yuk kita bahas beberapa cara mudah untuk meminimalisir pakaian anda menjadi bau oleh keringat:

1. Ganti Pakaian dan Mandi
Segera lepas pakaian anda yang basah oleh keringat dan segeralah anda mandi serta berganti pakaian. Tidak membiarkan keringat terlalu lama di badan anda bisa jadi salah satu cara mencegah badan menjadi berbau.

2. Segera cuci pakaian
Jangan biarkan pakaian kotor menumpuk terlalu lama. Paling baik adalah langsung mencucinya setelah usai dikenakan. Tetapi jika tidak bisa maka anda bisa mengantung pakaian kemudian di angin-anginkan agar setidaknya basah keringat tidak terus menumpuk di pakaian anda.

3. Gunakan bahan pakaian yang baik
Disarankan agar anda menggunakan pakaian berbahan katun. Karena bahan katun cenderung lebih tahan untuk tidak ditumbuhi bakteri. Dengan bahan katun maka masalah bau badan akan berkurang hingga batas tertentu.

4. Jangan sering menggunakan pakaian 2x
Ada kalanya anda malas mencuci sehingga mnegenakan pakaian yang sama dua kali seperti pakaian tidur. Sebaiknya hindari cara ini ya Fresher karena sediki apapun aktivitas yang anda lakukan tetap saja ada kemungkinan bakteri telah mengotori pakaian anda.

5. Hindari pakaian dengan bahan polyester
Karena kita sudah mengetahui bahwa bahan polyester menjadi sarana berkembang biak bakteri penyebab bau maka lebih baik anda menghindari jenis pakaian tersebut.

Semoga 4 Tips Cegah Bakteri Penyebab Bau di atas bisa bermanfaat ya Fresher dan ucapkan bye-bye bau badan!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme