5 Cara Praktis Merawat Tas Batik

5 Cara Praktis Merawat Tas Batik 5 Cara Praktis Merawat Tas Batik

Kurang lengkap rasanya jika bepergian keluar rumah tanpa membawa tas. Yap! Sebagai wadah untuk mengisi segala keperluan penting saat berada di luar menjadikan tas sebagai salah satu item penunjang yang pasti dimiliki semua orang.

Untuk sebagian wanita, tas tidak hanya dipandang sebagai fungsinya tetapi juga dipandang sebagai penunjang fashion. Karena itu memburu tas favorit dengan berbagai model dan bahan menjadi hobi sebagian wanita. Salah satu jenis tas yang dikoleksi adalah tas dengan aksen batik atau tas batik.

Karena perpaduan antara bahan tas dan kain pelapis batiknya maka perawatan tas batik tentu harus dilakukan dengan cermat. Simak tipsnya dalam 5 Cara Praktis Merawat Tas Batik:

1. Gunakan Lerak
Jika tas batik anda sangat kotor maka gunakan detergen khusus untuk mencucinya. Lerak diperlukan jika anda khawatir detergen akan merusak warna batik. Jika kesulitan mencari lerak maka pergunakan shampo yang kandungannya lebih lembut dibanding detergen.

2. Penjemuran
Setelah dicuci bersih, pastikan anda mengeringkan tas batik dengan cara mengangin-anginkannya. Letakkan di tempat teduh yang terhindar dari sinar matahari yang terlalu terik karena sinar matahari yang terlalu panas akan mempercepat warna batik memudar.

3. Jika kusut
Jika setelah proses pencucian dan penjemuran bagian kain batik di tas menjadi kusut maka Fresher bisa mencoba menyetrikanya dengan suhu yang tidak terlalu panas. Akan lebih baik lagi jika pada saat menyetrika anda lapisi dengan kain pelapis sehingga panasnya tidak langsung mengenai batik. Fresher juga bisa menyemprot bagian kain batik dengan sedikit air dan lapisi tas batik kamu dengan kain, lalu kamu bisa menggosoknya. Tetapi, jangan menyemprotkan terlalu banyak ya, karena kalau berlebihan bisa merusak corak kain batik tersebut lho.

4. Penyimpanan tas batik
Pastikan tas batik benar-benar kering sebelum anda simpan dalam lemari ya Fresher. Sebelum kamu menyimpan koleksi tas batikmu, sebaiknya isi tas batik kamu dengan kertas bersih atau plastik agar bentuknya tidak berubah. Masukkan juga silica gel agar tas batik terhindar dari lembab. Sebelum Fresher simpan dalam lemari lebih baik lagi jika tas batik anda masukan dalam dustbag, tas flanel atau plastik yang fungsinya tentu saja untuk menjaga agar debu tidak mengotori tas anda.

5. Perawatan tas batik
Tas batik yang lama tidak digunakan pasti hanya akan anda masukan dalam lemari atau box penyimpanan. Untuk perawatan terbaik maka Fresher harus secara rutin mengeluarkan tas batik dan biarkan terkena udara luar sejenak. Buka juga wadah penyimpanan agar sirkulasi udara di dalamnya berganti.

Selamat mencoba ya Fresher, ingat tas yang cantik tentu perlu perawatan yang terbaik. Jika tidak mau repot maka percayakan saja yuk perawatannya ke Simply Fresh Laundry terdekat.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme