Berbahagia dan tertawa adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan untuk dirasakan. Banyak hal yang menyenangkan dan membuat kita bahagia jika melakukannya. Tetapi tahukah anda manfaat di balik hal-hal tersebut ? Simak dulu yuk 5 Manfaat Dari Hal Menyenangkan berikut ini.

1. Tersenyum
Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

2. Pelukan
Ketika Anda menerima pelukan seseorang, oksitosin—yang disebut juga sebagai “hormon pelukan”—dilepaskan sehingga menimbulkan kehangatan dan kelembutan dalam diri Anda. Hormon ini sangat berpengaruh pada kedalaman suatu hubungan. Oksitosin memberikan dasar yang kuat atas rasa percaya dan ikatan antar manusia. Hormon oksitosin bukan cuman membuat Anda merasa baik—tapi juga menyehatkan fisik Anda. Ketika seseorang menyentuh Anda, sensasi pada kulit mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut sel-sel Pacinian. Sinyal sentuhan kemudian dikirimnya menuju saraf vagus, bagian otak yang diantaranya bertanggungjawab untuk menurunkan tekanan darah.

3. Tertawa
Tertawa dapat membantu anda mempertahankan kadar gula dalam darah. Hal ini sangat baik bagi penderita penyakit diabetes. Michael Miller seorang kardiolog dari University of Maryland menemukan bahwa tertawa saat menonton film komedi mempengaruhi kontraksi endotelium yang mengurangi produksi hormon stres.

4. Curhat
Curhat sangat bermanfaat mengembalikan mood. Perasaan galau, emosi yang tidak stabil akan sirna dengan curhat.

5. Bernyanyi
Dengan bernyanyi anda bisa sambil melatih fungsi paru-paru, sehingga bisa membantu bernapas lebih dalam.

6. Mendengarkan musik
Penelitian University Maryland Medical Center menemukan bahwa ada kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Mendengarkan musik ceria bisa membantu anda memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26%. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga 6%.

Bagaimana menurut Fresher ? Yuk nikmati weekend ini dengan lebih menyenangkan ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme