5 manfaat musik bagi kesehatan

5 manfaat musik bagi kesehatan

5 manfaat musik bagi kesehatan

Sobat Fresher, Musik merupakan medium yang sangat kuat. Tidak hanya itu saja, musik juga mampu membuat anda ikut bersenandung dan menggerakkan badan, melainkan musik juga dapat membantu anda untuk berjuang melalui berbagai tantangan terkait tentang kesehatan. Berikut Mr.Fresh rangkum informasi mengenai 5 manfaat musik bagi kesehatan berikut ini :

1. Musik dapat mengurangi rasa sakit anda
Dalam studi penelitian yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychology mengemukakan bahwa ketika pasien fibromyalgia mendengarkan musik yang mereka sukai selama kurun waktu 10 menit, maka detak jantung merekaakan menjadi jadi lebih lambat dari 120 denyut per menit dan mereka juga mengakui bahwa rasa sakit mereka berkurang.

Sebaliknya, ketika anda mendengarkan suara bising, maka rasa sakit akan meningkat. Mobilitas para pasien pun juga meningkat dengan mendengarkan musik.

2. Musik dapat membantu anda menjadi lebih fokus
Apabila anda akan memulai sesuatu pekerjaan, cobalah anda mendengarkan musik, karena musik dapat membantu anda menjadi lebih fokus.

Dalam studi penelitian di tahun 2007 oleh Stanford University School of Medicine mengemukakan bahwa musik mampu mengubah bagian tertentu di otak sehingga orang yang mendengarkannya bisa menjadi lebih fokus dalam melakukan suatu pekerjaan.

3. Musik dapat meningkatkan performa olahraga anda
Musik diyakini dapat meningkatkan performa olahraga anda. Dengan mendengarkan musik favorit akan membuat tubuh anda menjadi jauh lebih meningkat dan lebih baik.

Dalam sebuah studi penelitian terhadap 20 orang dewasa yang aktif melakukan latihan interval menunjukkan bahwa musik mampu membuat sesi olahraga anda menjadi lebih bisa anda nikmati dengan baik serta dapat meningkatkan vitalitas tubuh anda. Alhasil, olahraga yang berat sekalipun akan menjadi terasa lebih ringan dengan adanya musik favorit.

4. Musik dapat meningkatkan mood anda
Menurut sebuah studi penelitian di tahun 2011 yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Nature Neuroscience, mendengarkan lagu-lagu klasik dapat mendorong pelepasan zat dopamin, zat kimia dalam otak yang dapat membuat seseorang bergembira.

Cobalah anda mendengarkan lagu-lagu klasikal tersebut, karena lagu-lagu klasik telah terbukti secara sains dapat membuat pendengarnya menjadi bergembira.

5. Musik dapat menenangkan hati anda
Menurut sebuah studi penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Ergonomics tahun 2013, musik dengan irama kencang dan cepat diyakini dapat membuat orang bahagia, akan tetapi musik dengan irama tenang dan lambat mampu membuat orang yang mendengarkan lebih tenang dan meningkatkan semangat pada saat akan memulai aktifitas.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan mengenai 5 manfaat musik bagi kesehatan, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme