5 Tips Efektif Mengusir Insomnia

5 Tips Efektif Mengusir Insomnia

5 Tips Efektif Mengusir Insomnia

Sobat Fresher, Tidak sedikit orang yang memiliki gangguan kesulitan tidur, istirahat yang nyenyak hingga pagi, atau merasa segar sesudah bangun tidur. Semua ini merupakan gejala insomnia. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab insomnia, diantaranya stres, konsumsi obat-obatan, ruangan tidak nyaman, sakit dan sebagainya.

Wanita cenderung akan lebih banyak memiliki masalah tidur dibandingkan dengan pria, terutama setelah wanita tersebut tengah mengalami menopause. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tidur ini. Berikut Mr.Fresh rangkum informasi seputar tips efektif mengusir insomnia :

1. Biarkan tubuh anda terkena sinar matahari pagi
Waktu yang tepat untuk bangun yaitu pada saat matahari mulai terbit. Sinar matahari akan mengatur jam tubuh anda, termasuk mengatur munculnya kandungan hormon tidur seperti melatonin, yang akan membuat anda untuk istirahat di malam hari.

Usahakan anda bangun setiap pagi secara rutin di waktu yang sama, tanpa harus berpikir “hari apa ini?” “sudah tidur berapa jam saya?” Setelah itu, pergilah ke luar rumah, bisa sekedar untuk jalan-jalan di bawah sinar matahari pagi ataupun beraktifitas sejenak. Lakukan hal ini setidaknya selama satu jam.

2. Menjaga kebersihan sprei
Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, sekitar 75% orang mengakui bahwa kualitas tidur mereka lebih baik ketika sprei dalam keadaan yang bersih. Ganti dan cucilah sprei anda setiap seminggu sekali dengan menggunakan air hangat, kemudian taburkan baking soda di kasur anda, lalu diamkan beberapa jam, setelah itu baru dibersihkan dengan vacum cleaner.

3. Camilan sebelum tidur
Camilan terbaik pada waktu menjelang tidur yaitu kombinasi antara karbohidrat dengan protein. Satu jam sebelum tidur, cobalah anda untuk mengonsumsi makanan yang memiliki porsi rendah gula, seperti sereal gandum utuh dengan susu.

Karbohidrat yang terkandung dalam sereal dapat merangsang kandungan serotonin di dalam otak. Begitupun, kandungan triptofan pada susu yang bisa diubah menjadi serotonin. Sedangkan, kalsium dan magnesium akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks.

4. Membaca buku
Hindari penggunaan semua jenis gadget sebelum tidur, baik itu ponsel, komputer, tab, maupun TV satu jam sebelum tidur. Sebab, cahaya yang terpancar dari gadget akan mengganggu dan menekan hormon tidur anda. Selain itu juga dapat mengganggu kelelapan tidur anda. Sebaliknya, dengan membaca buku, kita akan lebih cepat tertidur dan merasa segar saat bangun esok hari.

5. Rutin melakukan yoga
Dalam sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan latihan pernapasan dan meditasi dari yoga dapat memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Sebenarnya olahraga jenis apapun, asal anda lakukan secara rutin dengan porsi yang tepat akan membantu anda meningkatkan kualitas tidur. Cobalah berjalan kaki selama 30 menit selama 5 hari per minggu, maka masalah tidur anda akan berkurang dengan sendirinya.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar tips efektif mengusir insomnia, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme