Baju Baru Anda Harus Dicuci Sebelum Dipakai

Baju Baru Anda Harus Dicuci Sebelum Dipakai

Baju Baru Anda Harus Dicuci Sebelum Dipakai

Bagi sebagian orang ternyata tidak mencuci baju yang baru dibeli, sebelum memakainya. Padahal, kebiasaan seperti hal ini bisa meningkatkan risiko terjangkit penyakit seperti penyakit kulit. Anda tentunya tidak pernah mengetahui proses di balik pembuatan pakaian yang baru and beli tersebut.

Berikut Mr.Fresh rangkum beberapa alasan mengapa baju baru harus anda cuci terlebih dahulu sebelum anda pakai :

Menurut studi penelitian dari Universitas Stockholm, proses pembuatan kain untuk pakaian menggunakan bahan kimia yang dapat meninggalkan racun berbahaya dalam serat kain. Bahan kimia tersebut tentunya masih menempel pada pakaian yang baru anda beli. Bahkan, ketika dicuci bahan kimia tersebut belum tentu sepenuhnya hilang.

Dalam sampel penelitian. Sebanyak 60 pakaian di Swedia. Berdasarkan analisis awal, terdapat ribuan bahan kimia pada pakaian. Menurut studi penelitian, mengemukakan bahwa bahan katun organik sekalipun tidak menjamin tanpa bahan kimia beracun.

Salah satu peneliti, Giovanna Luongo mengungkapkan bahwa, paparan bahan kimia dalam pakaian tersebut bisa meningkatkan risiko dermatitis alergi atau peradangan pada kulit. “Beberapa bahan kimia diduga bersifat karsinogen dan beberapa memiliki toksisitas air,” kata peneliti Giovanna Luongo.

Sebelum memakai baju baru, alangkah lebih baiknya anda cuci terlebih dahulu pakaian baru anda tersebut. Jika diperlukan, cucilah baju baru tersebut lebih dari satu kali. Apalagi untuk baju yang akan dipakai oleh anak-anak dan pada orang dewasa yang kulitnya sensitif terhadap alergi.

Menurut studi penelitian lain, pakar dermatologi Donald Belsito mengungkapkan bahwa, terdapat dua alergen atau pemicu alergi dari pakaian baru, yaitu berasal dari pewarna dan resin formaldehyde. Menurut dia, sebagian besar bahan pakaian menggunakan pewarna azo-aniline yang bisa memicu reaksi pada kulit.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan mengenai mengapa baju baru harus anda cuci terlebih dahulu sebelum anda pakai supaya anda terhindar dari gangguan kesehatan terutama berkaitan dengan kulit, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme