Kulkas selalu menjadi lemari andalan untuk menyimpan bahan-bahan makanan segar juga masakan agar tidak cepat layu dan basi. Seperti dikutip dari health.liputan6.com tugas utama kulkas adalah membuat suhu udara tetap dingin untuk menghambat pertumbuhan bakteri seperti salmonella, e.coli dan botulinum dalam makanan. Tetapi tahukah kamu Fresher, ada beberapa kesalahan dalam menggunakan kulkas yang bisa jadi menyebarkan bakteri dan berpotensi membuat keluarga di rumah menjadi sakit. Penasaran? Yuk cari tahu:

1. Menempatkan daging mentah di rak teratas
Saat mendinginkan daging dari freezer, jangan letakkan di rak teratas. Air tetesan daging bisa menetes pada bagian bawah dan mencemari makanan yang ada di bawahnya. Pastikan selalu menyimpan dagin pada kantung plastik, mangkuk kemudian menyimpannya di bawah.
2. Isi kulkas berlebih
Mengonsumsi makanan yang berasal dari kulkas yang penuh sesak bisa menyebabkan diare. Udara dingin yang seharusnya beredar menjaga makanan tetap dingin dan membunuh bakteri tidak dapat melakukan hal tersebut jika kondisi kulkas penuh.
3. Menempatkan buah dan sayur di rak sama
Tidak mencuci buah dan sayur sebelum masuk ke dalam kulkas bisa membuat bakteri masih menempel di dalamnya. Lalu, tidak memisahkan buah dan sayur bisa membuat cepat busuk. Hal ini disebabkan karena buah menghasilkan etilena, gas yang mempercepat pembusukan dalam sayur.
4. Menyimpan telur di pintu kulkas
Di beberapa kulkas memang disediakan tempat telur, namun Anda tak perlu menggunakan bagian ini untuk menyimpan telur. Menurut para ahli, tempat tersebut merupakan tempat paling salah menyimpan telur karena terlalu hangat. Lebih baik letakkan dalam kardus di dalam rak kulkas.
5. Minum susu dari tempatnya
Pernah meminum susu kotak UHT ukuran besar langsung dari tempatnya kemudian meletakannya kembali ke rak kulkas? Kebiasaan minum susu seperti ini bisa meninggalkan kuman di wadah yang bisa menular ke anggota tubuh lainnya.
6. Membersihkan kulkas sekali setahun
Sup yang tumpah, selai, dan aneka makanan maupun cairan yang tumpah di kulkas bisa bisa berjamur dan membusuk di kulkas. Oleh karena itu jangan sampai sekali setahun membersihkan kulkas, para ahli menyarankan untuk membersihkan kulkas seminggu sekali untuk menghindari pertumbuhan jamur dan bakteri.

Bagaimana Fresher? Yuk segera cek isi kulkas kamu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme