Apakah makanan lebaran kamu masih banyak di rumah? Makanan lebaran identik dengan serba santan, berlemak dan camilan manis. Fresher pasti sudah tahu kan jenis makanan tersebut jika dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Seperti dikutip dari paramita.co.id berikut tips untuk mengembalikan pola makan yang sehat usai lebaran.

1. Niat yang kuat. Jangan tergoda teman atau keluarga yang terlalu sering mengajak makan makanan berkalori tinggi.
2. Pola makan seimbang. Makan sehat terdiri dari sumber karbohidrat 50 persen (nasi beras merah, roti, atau kentang),protein 20 persen (lauk hewani dan nabati), lemak kira-kira 30 persen (lebih baik dari kacang-kacangan), ditambah sayur-sayuran, buah, serta sumber vitamin dan mineral.
3. Beras merah. Nasi dari beras merah lebih baik dibanding pada nasi putih karena beras merah lebih tinggi seratnya sehingga lebih mengenyangkan, namun kalorinya tidak setinggi nasi puith. Jika tidak terlalu suka, dapat menyampur nasi beras merah dengan nasi putih.
4. Makan sering. Makanlah dengan prosi kecil tetapi sering. Jangan makan sekaligus dalam porsi besar. Usahakan makan teratur dengan tiga makanan utama dan tiga kali selingan di antara makan utama.
5. Olah raga teratur. Minimal 30 menit setiap hari. Tak perlu memilih olah raga yang berat. Jalan cepat atau jalan kaki pun sudah cukup. Yang penting, dapat membakar kalori yang masuk setiap hari.

Semoga tips di atas dapat berguna ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme