6 Tips Kesehatan Mata

Apakah Fresher sering merasakan mata anda terasa berat ? Bisa jadi itu adalah salah satu tanda mata anda mengalami kelelahan. Itu tandanya Fresher harus memberikan perhatian atau perawatan lebih untuk mengatasi mata lelah tersebut.

Yak! Kali ini Mr.Fresh akan berikan beberapa tips perawatan mata yang mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

1. Manfaatkan buah-buahan dan sayuran
Wortel. Seperti kita tahu, wortel memiliki banyak kandungan beta karoten yang mampu menjaga kesehatan dan kemampuan akomodasi mata. Kandungan beta karoten di dalam worterl juga berkhasiat untuk meminimalisir resiko degenerasi pada manula.
Ketimun. Jika mata terasa berat dan lelah coba letakan irisan mentimun diatas mata anda yang tertutup. Lebih bagus lagi jika mentimun sudah ditaruh di lemari es. Tutup kelopak mata dengan irisan mentimun selama 10 menit sebelum tidur saat malam hari. Khasiatnya selain untuk mengurangi keletihan tetapi juga berfungsi untuk mengurangi mata bengkak dan kantung mata.
Sayuran Hijau Tua. Mengkonsumsi sayuran seperti ini sangat baik bagi mata karena kaya akan lutein dan zeaxanthin, yaitu karotenoid yang dapat mengurangi resiko katarak serta degenerasi daya penglihatan yang disebabkan oleh gangguan pada pusat retina mata.
Buah Cherry & jenis Berry. Buah ini dapat menangkal radikal bebas dari sinar matahari, polusi dan debu yang menyapa mata.

2. Batasi penggunaan lensa kontak
Untuk menjaga kesehatan mata maka batasi penggunaan lensa kontak maksimal 10jam setiap harinya. Perhatikan juga kebersihan tangan saat menyentuh dan memasang lensa kontak. Lebih baik lagi Fresher menggunakan lensa kontak yang sekali pakai.

3. Hindari memandang terlalu lama layar komputer atau layar gadget anda
Jika Fresher bekerja di depan layar digital setiap harinya, maka anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Selain itu aturlah pencahayaannya agar tidak memberatkan mata anda.

4. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

5. Perhatikan lampu baca
Janganlah membaca dalam cahaya yang terlalu redup atau terlalu terang karena hal tersebut bisa mengakibatkan ketegangan mata.

6. Lakukan olahraga mata
Yak! Fresher juga bisa melakukan olahraga mata lho. Caranya fokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.

Kemudian Fresher juga bisa lakukan olahraga mata dengan cara duduk, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

Cara lain untuk olahraga mata bisa Fresher dapatkan tipsnya di “Sehat Dengan Olahraga Mata”.

Itu tadi 6 tips kesehatan mata. Perhatikan benar ya Fresher agar mata indah anda selalu sehat.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme