Tips mencuci & merawat gamis jersey

Bagi wanita muslimah, mengenakan pakaian yang menutup aurat adalah sebuah kewajiban. Seiring perkembangan jaman, rumah mode pun sangat menunjang kebutuhan para wanita muslimah dalam memberikan banyak pilihan pakaian yang menutup aurat, salah satunya adalah ragam jenis pakaian gamis.

Salah satu bahan gamis yang banyak digunakan adalah gamis berbahan jersey. Bahan jersey adalah bahan yang lembut dan jatuh, yang bisa menimbulkan efek drapery yang cantik saat digunakan. Jersey memiliki bahan kaos yang sangat lentur dan fleksibel, sehingga apabila ditarik akan meregang sampai 4 atau 7 kali panjang dari kain aslinya.

Banyak orang senang mengenakan bahan jersey ini karena sifat bahannya yang dingin serta nyaman dikenakan. Nah, kali ini Mr.Fresh akan berikan Fresher tips mengenai perawatan gamis berbahan jersey. Berikut informasinya untuk Fresher:

1. Dalam proses pencucian, perhatikan pakaian yang Fresher miliki. Apakah terdapat washing care label atau tidak. Jika ada maka ikuti petunjuk yang tercantum disana.

2. Sebagaimana prosedur pencucian yang standar maka pastikan anda menyortir/memisahkan terlebih dulu maka gamis yang sangat kotor dengan yang hanya kotor keringat. Kemudian pisahkan gamis yang berwarna putih, berwarna terang dan berwarna gelap. Terlebih lagi jika gamis anda memiliki bahan yang mudah luntur maka pastikan Fresher mencucinya secara terpisah.

3. Jangan merendam gamis lebih dari 1 jam. Karena jika lebih lama dari itu maka endapan deterjen dikhawatirkan dapat masuk ke serat pakaian yang bisa membuat warna pakaian mudah memudar.

4. Pada saat membersihkan noda, pastikan Fresher menguceknya dengan tangan. Jangan disikat menggunakan sikat yang kasar. Hal ini dikarenakan bahan Jersey bersifat kaos yang lembut dan dikhawatirkan proses penyikatan yang kasar membuat serat menjadi menipis serta mudah robek.

5. Dalam proses menjemur, lebih baik untuk menjemur dengan posisi bagian dalam pakaian berada di luar. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga warna pakaian lebih awet dan tidak cepat pudar. Jika Fresher memiliki pengering maka masukan sebentar gamis anda dalam pengering agar proses penjemurannya lebih cepat dan gamis tidak menjadi berbau apek karena terlalu lama basah.

6. Pada saat penjemuran jangan langsung terkena sinar matahari dan pastikan tempat penjemuran memiliki sirkulasi udara yang baik.

7. Pada saat menyetrika, jika gamis anda tidak terlalu kusut maka bisa langsung disimpan dalam lemari karena sebenarnya bahan jersey tidak tahan dengan setrika yang terlalu panas. Tetapi jika pakaian anda terlalu kusut maka Fresher bisa menyetrika dengan mengalasi gamis dengan kain tipis terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar panas setrika tidak langsung mengenai gamis anda. Pastikan untuk berhati-hati dalam proses menyetrika dan jangan sampai suhu panas setrika meninggalkan bekas cap mengkilap di pakaian anda.

Itu tadi 7 tips mencuci & merawat gamis jersey kesayangan anda. Semoga bermanfaat ya Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme