7 Cara Mengatasi Rasa Cemas

Rasa cemas dan khawatir adalah perasaan normal yang muncul jika kita menghadapi suatu permasalahan. Fresher pasti pernah mengalaminya bukan?

Hal tersebut adalah normal tetapi jangan sampai Fresher membiarkan kecemasan tersebut terlalu menghantui kita sehingga menjadikan diri terus menerus gelisah. Karena kegelisahan yang selalu menghantui bisa saja memicu depresi dalam diri. Nah, kali ini Mr.Fresh akan rangkumkan beberapa tips mudah untuk mengatasi kecemasan yang Fresher alami:

1. Tuliskan rasa khawatir kamu
Berdasarkan penelitian dari University of Chicago, menuliskan rasa khawatir yang ada di pikiran dapat membantu mengeluarkan rasa khawatir tersebut dari kepala kamu sehingga tidak lagi menjadi hal yang membebani. Disebutkan bahwa mahasiswa yang khawatir akan hasil ujian mereka diminta untuk menuliskan kekhawatiran tersebut dan hasilnya mereka mendapat nilai ujian yang baik bahkan dengan nilai yang meningkat. Bisa dicoba ni Fresher

2. Katakan Berulang Kali Hal yang Membuat Khawatir
Sama seperti menuliskan rasa khawatir, maka kamu bisa mencoba untuk mengatakan hal yang membuat khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan itu akan hilang.

3. Abaikan Rasa Gelisah
Rasa gelisah akan muncul jika kita memelihara rasa tersebut. Abaikan rasa gelisah tersebut dengan membuat diri kamu, tangan kamu dan pikiran kamu sibuk mengerjakan hal yang lain.

4. Sediakan Waktu Khusus untuk Memikirkan Masalah & Solusinya
Pilihlah momen tertentu yang kamu anggap sebagai waktu yang tepat untuk memikirkan masalah. Misalnya pukul 19.00-20.00. Pada jam tersebut, Fresher harus fokus memikirkan masalah dan mencari solusinya. Jika perlu ajaklah orang terdekat kamu untuk berdiskusi mengenai hal yang kamu khawatirkan. Berbicara dengan orang lain yang mengerti kondisi kamu akan bisa meringankan beban Fresher saat mencoba mencari solusi. Lewat dari jam tersebut, bebaskan pikiran kamu dari masalah itu.

5. Jangan Mencoba Menebak Pikiran Orang Lain
Kebanyakan rasa cemas dan khawatir muncul akibat hubungan dengan orang lain. Seringkali mereka yang terlalu cemas adalah mereka yang senang menerka-nerka pikiran orang lain terhadap diri mereka. Stop! Kebiasaan tersebut, kebiasaan menerka tidaklah baik dan menimbulkan beban bagi diri kita sendiri. Hal yang terbaik adalah bersikap terbuka, tanyakan kepada rekan kamu hal yang kamu khawatirkan dan beranilah untuk menghadapinya. Hal itu justru akan membuat pikiran Fresher lebih ringan dan bisa mencari solusinya dengan lebih mudah.

6. Meditasi
Ini adalah metode biasa, namun sangat ampuh untuk mengatasi kecemasan. Tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Buang semua kepanikan Fresher dan gunakan logika untuk mengatasi kekhawatiran tersebut. Panik bisa membuat Fresher berpikir terlalu jauh, jadi tenangkan diri terlebih dulu agar solusi dari masalah bisa didapatkan.

7. Yuk Olahraga
Mengolah tubuh dapat berguna melepaskan endorfin, yang memproduksi “rasa bahagia. Cobalah melakukan latihan kecil setiap hari untuk membantu menenangkan pikiran Fresher setelah berurusan dengan masalah, jadwal yang teramat padat atau hal lain yang bisa menimbulkan kekhawatiran. Pilihlah olahraga yang bisa membuat Fresher menikmati waktu sendiri dan dengan tenang contohnya adalah berenang atau bisa juga berlari di area khusus pelari seperti stadion olahraga. Hal tersebut dimaksudkan agar Fresher bisa menenangkan pikiran tanpa terganggu hal sekitar.

Itu tadi beberapa tips mengatasi rasa cemas yang mengganggu. Apakah Fresher punya tips jitu lainnya? Yuk atasi rasa cemas kamu agar hidup kita menjadi lebih tenang dan bisa fokus untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme