7 Kesalahan Berolahraga

Semua orang melakukan olahraga pasti untuk satu tujuan yakni menjaga tubuh agar sehat dan bugar. Setuju Fresher? Tapi jangan asal mengolah tubuh ya karena perlu Fresher tahu bahwa ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang saat melakukan olahraga.

Meski kesalahan tersebut dianggap sepele tetapi dampaknya adalah membuat manfaat olahraga tersebut menjadi kurang maksimal atau justru menimbulkan dampak negatif. Ingin tahu kesalahan seperti apa yang bisa dilakukaan? Berikut Mr.Fresh berikan rangkumannya:

1. Tidak melakukan pemanasan 
Pemanasan adalah salah satu hukum wajib sebelum memulai olahraga. Dengan terlebih dahulu melakukan pemanasan maka Fresher bisa terhindar dari resiko cedera atau kram otot saat olahraga. Sayangnya banyak yang melewatkan bagian penting ini padahal pemanasan cukup dilakukan beberapa menit saja. Melakukan pemanasan sebelum berolahraga wajib hukumnya.

2. Tidak melakukan pendinginan setelah berolahraga
Pendinginan setelah berolahraga sama pentingnya dengan pemanasan, namun banyak orang yang cenderung mengabaikannya. Kebanyakan orang langsung beristirahat, atau minum dan makan setelah berolahraga. Hal yang benar adalah Fresher melakukan pendinginan setlah berolahraga. Tanpa pendinginan, otot-otot yang sebelumnya bekerja keras akan berkontraksi secara mendadak. Tidak hanya itu, jika olahraga dihentikan secara mendadak, aliran darah dari jantung ke otot dan juga sebaliknya pun akan terhambat.

3. Minum Air 
Jangan sampai Fresher terkena dehidrasi. Upayakan selama berolahraga Fresher tidak merasa kehausan. Bila mulai terasa cape atau lelah maka itu adalah tanda dari tubuh untuk beristirahat sejenak. Minumlah air pada saat istirahat tersebut untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang. Jika tubuh Fresher kekurangan air, selain dapat mengalami dehidrasi juga dapat menyebabkan pusing dan kram. 

4. Olahraga dalam kondisi perut kosong 
Banyak orang berpikir bahwa olahraga dengan perut kosong akan membuat pembakaran lemak lebih efektif. Namun itu pemikiran keliru dan justru malah merugikan tubuh. 

Olahraga dalam kondisi lapar akan mengurangi intensitas latihan. Pada akhirnya akan mengurangi total kalori yang terbakar. Kekuatan otot yang berkurang juga membuat tubuh kehilangan energi untuk membakar lemak lebih banyak. Idealnya, makan sekitar 30 menit sebelum Fresher berolahraga. 

5. Tergesa-gesa mengangkat beban 
Bila Fresher memilih olahraga angkat beban, lakukanlah secara bertahap. Sesuaikan dengan kemampuan dan perkirakan waktu yang tepat. Hal ini untuk menghindari risiko cedera dan nyeri otot. Lebih baik lagi melakukan angkat beban dengan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.

6. Minum minuman manis dan dingin setelah latihan
Mengkonsumsi minuman yang manis dan dingin memang menyegarkan. Namun dibalik kesegaran yang diberikannya, minuman manis, apalagi bersoda justru dapat membuat hasil dari latihan yang kamu lakukan menjadi sia-sia, bahkan dapat menimbulkan masalah lain yang lebih serius. Selain kandungan gulanya yang dapat menyebabkan kram perut, minuman bersoda juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung setelah berolahraga. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, sebaiknya kamu selalu minum air putih setelah berolahraga.

7. Terlalu Lama atau Terlalu Sering
Tahukah Fresher olahraga yang terlalu berlebihan justru bisa membahayakan tubuh kamu. Selain menimbulkan cidera pada otot, olahraga terlalu lama juga dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi yang pada akhirnya juga menghambat aktivitas lain yang harus kamu lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bukanlah tentang seberapa lama kamu berolahraga, tapi seberapa berkualitasnya latihan yang dilakukan.

Berolahraga terlalu sering akan membuat tubuh tidak punya cukup waktu untuk beristirahat. Tubuh yang kurang istirahat akan membuat hasil dari olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia.

Bagaimana Fresher? Apakah ada dari daftar di atas yang menjadi kebiasaan kamu? Jika iya yuk kita perbaiki agar olahraga yang dilakukan bisa membawa hasil yang lebih baik.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme